SOLOPOS.COM - Tim juri melakukan penilaian dengan mencicipi rasa durian dan melihat tekstur durian dalam Festival Durian yang digelar di Balai Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Sabtu (8/3/2014). (Indah SW/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR—Festival Durian digelar di Balai Desa Matesih, Kecamatan MAtesih, Karanganyar, Sabtu (8/3/2014) pagi. Dalam acara itu, digelar lelang buah durian, Bupati Karanganyar memenangkan lelang 10 buah durian dengan harga Rp2,6 juta!

Dalam festival durian ini juga digelar pelelangan durian milik para petani. Sejumlah pejabat dari Bupati, Wakil Bupati (Wabup) hingga kalangan perbankan dan pengusaha di Karanganyar dan Solo pun turut dalam pelelangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasilnya seperti durian runtuh bagi para petani karena durian miliknya dibeli lebih dari harga pasaran. Total hasil pelelangan mencapai Rp23 juta lebih.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti yang dialami Suranto, petani durian di daerah Sawahan, Matesih. Untuk 10 durian miliknya dibeli Bupati dengan harga Rp2,6 juta dari harga tawaran lelang Rp1 juta.

Padahal uang sebesar ini tak mungkin diperoleh dari hasil penjualan durian dalam sehari. Per hari hanya laku sekitar ratusan ribu rupiah.

“Alhamdulillah dibeli Pak Bupati Rp2,6 juta. Padahal sehari berjualan durian belum tentu dapat segitu. Paling banyak Rp1 juta per hari,” katanya dengan mata berbinar-binar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya