SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Festival Bengawan yang dimeriahkan dengan parade perahu hias akan dilaksanakan di Sungai Bengawan Solo wilayah kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Minggu (30/12/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Amir Syahid, di Bojonegoro, Kamis (27/12/2018), menyebutkan Festival Bengawan akan diikuti 19 perahu hias yang terdiri atas delapan perahu dari desa, lainnya dari jajaran instansi, BUMD, juga pihak lainnya termasuk umum.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Untuk pemberangkatan parade perahu hias Festival Bengawan, kata dia, diawali dari lapangan Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu,” kata dia saat ditemui usai membahas persiapan pelaksanaan parade perahu hias dalam Festival Bengawan.

Lebih lanjut, pihak Disbudpar mewaspadai kemungkinan terjadi banjir Bengawan Solo bersamaan dengan pelaksanaan Festival bengawan

“Kewaspadaan kemungkinan air Bengawan Solo meluap atau airnya meninggi terus kita lakukan dengan memantau prakiraan cuara yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” kata Amir Syahid.

Pihaknya optimistis bersamaan dengan pelaksanaan parade perahu hias tidak terjadi banjir. Meskipun demikian, lanjut dia, panitia sudah menyiapkan Tim SAR gabungan dengan sejumlah perahu karet yang akan mengamankan pelaksanaan parade perahu hias dalam Festival Bengawan.

“Ketinggian air Bengawan Solo stabil dalam beberapa hari ini,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Disbudpar Budiyanto menambahkan.

Pemberangkatan parade perahu hias itu berbeda dengan pelaksanaan Festival Bengawan yang sudah berlangsung dalam beberapa tahun yaitu dari Bendung Gerak Bengawan Solo di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, dengan pemberhentian di TBS di Desa Ledokwetan, Kecamatan Kota.

“Jarak lapangan Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, dengan lokasi pemberhentian di taman Bengawan Solo (TBS) sekitar 2 jam,” ucap Ketua Panitia Pelaksana Festival Bengawan Bojonegoro Didik Wahyudi.

Selain parade perahu hias, lanjut Didik, Festival Bengawan juga akan dimeriahkan dengan Sastra Bengawan dengan menampilkan penyair dari berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Tulungagung, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, selain penyair lokal.

“Ada 23 penyair yang siap tampil dalam sastra Bengawan, termasuk kemungkinan penyair asal Surabaya Sirikit Syah,” ucapnya.

Pelaksanaan Sastra Bengawan, lanjut dia, akan digelar di lapangan Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu. Bersamaan dengan itu, juga akan diisi dengan 43 pelukis yang akan melukis secara langsung di acara itu.

“Sebelum pelaksanaan Festival Bengawan juga akan digelar sarasehan untuk membahas kelestarian lingkungan Bengawan Solo di Bojonegoro,” ucap Didik. Festival Bengawan yang keempat itu juga sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi ke-341 Bojonegoro 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya