SOLOPOS.COM - Perahu menyeberangkan penumpang melintasi Bengawan Solo, wilayah Bojonegoro, Jatim. (JIBI/Solopos/Antara/Slamet Agus Sudarmojo)

Wisata Bojonegoro, Pemkab berencana menggelar parade perahu hisa dalam acara Festival Bengawan pada 24 September.

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Memperingati Hari Jadi ke-340 Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan menggelar Festival Bengawan berupa parade perahu hias di sepanjang Bengawan Solo pada 24 September mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Lokasi pelaksanaan Festival Bengawan  tetap tidak ada perubahan dengan tahun lalu dengan titik keberangkatan perahu hias dari Bendung Gerak Bengawan Solo di Kecamatan Kalitidu,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Budiyanto, di Bojonegoro, Kamis (14/9/2017).

Begitu pula titik pemberhentian terakhir peserta perahu hias tetap di Taman Bengawan Solo (TBS) di Kelurahan Ledokwetan, Kecamatan Kota. Sesuai perhitungan jarak tempuh perahu hias dari Bendung Gerak sampai TBS berkisar 2-3 jam.

“Di lokasi pemberhentian peserta perahu hias di TBS akan dimeriahkan berbagai hiburan termasuk permainan untuk menyambut kedatangan perahu hias,” kata dia.

Semula, lanjut dia, Festival Tahu yang digelar perajin tahu di Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota, pelaksanaannya akan bersamaan dengan Festival Bengawan, karena lokasinya di tepi Bengawan Solo.

Tetapi, mempertimbangkan Festival Tahu juga  mampu menarik pengunjung, maka pelaksanaannya diundur Oktober.

Pemkab, menurut dia, sekarang ini mulai mempersiapkan Festival Bengawan dan akan mengundang  pihak desa yang wilayahnya dilalui parade perahu hias di sepanjang Bengawan Solo termasuk pihak lainnya.

Terkait ketersediaan air Bengawan Solo, kata dia, juga sudah dikoordinasikan dengan Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, yang prinsipnya debit air Bengawan Solo yang sekarang tersedia masih mencukupi untuk kegiatan Festival Bengawan.

“Tahun lalu ada 48 perahu hias dari berbagai lapisan masyarakat termasuk lembaga pemerintah dan swasta. Target kami jumlah peserta perahu hias dalam Festival Bengawan bisa lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” katanya menjelaskan.

Yang jelas, menurut dia, digelarnya Festival Bengawan dengan agenda utama parade perahu hias sebagai usaha mendorong pengembangan pariwisata di daerahnya untuk menarik wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan manca negara (wisman).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya