SOLOPOS.COM - Ilustrasi layang-layang hias (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Festival Banyuwangi menghadirakan lomba layang-layang di Pantai Boom akhir pekan ini.

Madiunpos.com, BANYUWANGI — Berbagai ikon budaya Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) dengan berbagai corak bakal muncul di langit Pantai Boom, Banyuwangi, akhir pekan ini. Ikon budaya seperti kebo-keboan, omprok gandrung, dan barong akan ditampilkan dalam bentuk layang-layang di Festival Banyuwangi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Puluhan layang-layang dalam gelaran Banyuwangi Kite Festival akan diterbangkan ratusan peserta yang wajib menggunakan pakaian khas Banyuwangi. Dengan panjang bentangan minimal 1,5 m, layang-layang berbahan dasar kain, plastik, dan kertas akan memeriahkan Festival Banyuwangi 2015.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi, mengatakan permainan layang-layang yang jamak ditemui saat masuk musim kemarau itu memiliki daya tarik bagi masyarakat. Menurut dia, puluhan layang-layang akan tanpak menyala di angkasa dengan suara dengung khas hampir di setiap malam di Festival Banyuwangi tersebut.

“Mereka [penghobi laying-layang] bisa mengekspresikan kegemarannya untuk bermain layang-layang bersama. Sekaligus, ajang ini juga memberikan atraksi lain bagi pengunjung destinasi wisata baru, Pantai Boom,” kata Wawan, seperti diberitakan Detik.com, Kamis (13/8/2015).

Wawan menjelaslkan Pemkab Banyuwangi menyediakan tiga kategori untuk dilombakan penghobi layang-layang pada Festival Banyuwangi 2015. Pertama, lanjut dia, seberapa lama dan seberapa sulit layang-layang sampai bisa diterbangkan. Kedua, sambitan atau saling menggesek antar benang layang-layang di udara. Ketiga, adu sawangan atau dengung suara layang layang.

“Festival ini sebagai salah satu langkah Pemkab Banyuwangi mewadahi kreativitas pedagang agar layang-layang yang telah dibuat bisa dijual ke masyarakat,” jelas Wawan.

Selain lomba, Festival Banyuwangi 2015 di Pantai Boom tersebut juga akan dilengkapi stand pameran yang menjual beragam model layang-layang dari kertas maupun kain. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya