SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pluto (Pluto.jhuapl.edu)

Fenomena Pluto membuat para ilmuwan berdebat panjang.

Solopos.com, NEW YORK – Pluto kembali membuat kelompok ilmuwan bingung. Ukuran Pluto yang tak begitu besar membuat para ilmuwan tak berhenti memperdebatkan tentang statusnya sebagai planet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah melalui perdebatan panas selama puluhan tahun, akhirnya ukuran asli Pluto berhasil diketahui. Hal ini dikarenakan semakin dekatnya jarak pesawat luar angkasa New Horizons ke Pluto.

Dilansir Livescience, Senin (14/7/2015), berdasarkan data yang dikirim oleh New Horizons ke NASA, panjang garis tengah Pluto sekitar 2.370 km. Diameter ini tentunya lebih panjang sekitar 80 km dari yang diketahui oleh para ilmuwan sebelumnya.

Tak pelak, banyak pihak yang mengatakan bahwa gelar planet sebaiknya dikembalikan kepada Pluto. Kendati demikian, NASA maupun ilmuwan astronomi lainnya tak akan melakukannya.

Hal ini dikarenakan meskipun Pluto terbukti lebih besar, ukurannya tetap hanya sekitar 18,5% dari ukuran Bumi. Inilah yang membuat Pluto terlalu kecil untuk dikatakan sebagai planet. Mengingat masih banyak objek luar angkasa lain di tata surya yang memiliki ukuran sama.

Selain mengetahui ukuran Pluto, NASA juga berhasil mengetahui panjang garis tengah bulan Pluto yakni Charon. Charon diketahui memiliki diameter sekitar 1.208 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya