SOLOPOS.COM - New Horizons mendekat ke Pluto (Ilustrasi/Liveleaks)

Fenomena Pluto diamati NASA menggunakan New Horizons yang merupakan pesawat tanpa awak dengan komponen mirip Playstation.

Solopos.com, WASHINGTON – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mendekati Pluto dengan pesawat tanpa awak, New Horizons. Namun, tahukah Anda pesawat ini dibikin dari komponen Playstation?

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Pluto memang sering membuat kelompok ilmuwan bingung. Ukuran Pluto yang tak begitu besar membuat para ilmuwan tak berhenti memperdebatkan tentang statusnya sebagai planet.

Setelah melalui perdebatan panas selama puluhan tahun, akhirnya ukuran asli Pluto berhasil diketahui. Hal ini dikarenakan semakin dekatnya jarak pesawat luar angkasa New Horizons ke Pluto.

Namun tanda tanya itu mulai menemukan jawaban. Setelah satu dekade mengarungi ruang hampa, NASA akhirnya berhasil mendekati Pluto pada 14 Juli 2015.

Pesawat antariksa NASA, New Horizons, berhasil mendekati Pluto dari jarak sekitar 12.472 kilometer. NASA telah meluncurkan misi untuk mengenalnya sejak 19 Januari 2006. Wahana tak berawak New Horizons, telah mengangkasa 9,5 tahun dari Bumi ke Pluto, yang berjarak 4,7 miliar kilometer.

NASA memperkenalkan New Horizon sebagai perangkat yang menggunakan prosesor sekelas konsol game PlayStation generasi pertama. Mesin MIPS R3000 adalah prosesor yang sama yang biasa digunakan untuk memainkan game semacam Final Fantasy VII atauMetal Gear Solid.

Pada New Horizons, prosesor tersebut digunakan untuk mengendalikan sistem pendorong tenaga, sensor monitor, dan pengiriman data dari alat penyelidikan ruang angkasa milik NASA. Terdapat dua prosesor utama, dan dua prosesor cadangan yang terpasang.

Wahana seukuran piano ini juga mengangkut sembilan benda tak lazim. Salah satunya adalah abu jenazah penemu Pluto, Clyde Tombaugh. Saat Tombaugh meninggal dunia pada 1997, ia memang meminta abu jenazahnya dibawa ke luar angkasa.

New Horizon diluncurkan pada tahun 2006 lalu. Proses pembuatan satelit ini nyatanya memang dilakukan jauh-jauh hari sebelum waktu peluncurannya. Ini artinya, komponen yang dipakai oleh New Horizon dipastikan masuk ke dalam kategori komponen lawas karena waktu perakitannya dilakukan sekitar 10 tahun lalu.

Siapa yang bisa menyangka, salah satu komponen penting yang digunakan adalah prosesor 32 bit MIPS R3000 yakni komponen prosesor yang hadir di dalam konsol PS generasi pertama.

Justru, uniknya kecepatan prosesor RS3000 yang dipakai di New Horizon lebih kencang ketimbang yang digunakan di PS 1. Faktanya, prosesor RS3000 yang dipakai di PS1 kecepatannya paling tinggi hanya 37,5 MHz.

Tetapi, jika dibandingkan dengan standar prosesor pada tahun 2005, prosesor RS3000 yang digunakan di New Horizon rupanya sangat jauh di bawah standar. Padahal, 2005 merupakan era kejayaan prosesor Pentium D (Dual-core) buatan Intel yang performanya sangat sempurna pada masa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya