Fenomena OKB di Klaten Hingga Angka Bunuh Diri Tinggi

Pembebasan tol di Klaten diikuti fenonema orang kaya baru atau OKB dan gaya sosialnya hingga ulasan soal masih tingginya kasus bunuh diri di Indonesia.

 Ilustrasi gerbang tol Pemalang (Dok. PT Pemalang Batang Toll Road)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerbang tol Pemalang (Dok. PT Pemalang Batang Toll Road)

Solopos.com, SOLO – Proyek jalan tol Solo-Jogja membawa berkah tersendiri bagi warga terdampak di Klaten. Tak hanya membeli tanah, rumah atau pun berinvestasi, warga terdampak jalan tol Solo-Jogja juga memanfaatkan momen yang menggembirakan itu dengan membeli mobil dan barang konsumtif lain.

PromosiKonflik Warga Desa Pakel dan Korporasi Potret Kegagalan Reforma Agraria

Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono, mengatakan tim pembebasan lahan jalan tol Solo-Jogja telah mencairkan anggaran lebih dari Rp1 triliun hingga pertengahan Januari 2022. Anggaran itu digunakan membebaskan lahan terdampak jalan tol Solo-Jogja di Klaten.

“Warga terdampak jalan tol Solo-Jogja menerima UGR secara penuh alias tanpa potongan sepeser pun,” katanya. Adapun luas tanah di Klaten yang terdampak jalan tol Solo-Jogja berkisar 4.071 bidang atau 3.728.114 meter persegi.

Luas tanah tersebut tersebar di 50 desa di 11 kecamatan. Masing-masing kecamatan yang akan dilintasi jalan tol, seperti Polanharjo, Delanggu, Ceper, Karanganom, Ngawen, Karangnongko, Klaten Utara, Kebonarum, Jogonalan, Manisrenggo, dan Prambanan. Proses pembebasan lahan untuk keperluan jalan tol itu menghadirkan fenomena orang mendadak kaya atau orang kaya baru (OKB). Selengkapnya bisa dibaca di sini: Fenomena OKB Klaten, Saat Warga Mendadak Alami Social Climbing

Berpindah ke kasus bunuh diri, usia 35-39 tahun mendominasi korban bunuh di Indonesia dengan 14,3%. Usia 35-39 tahun bagi seseorang rentan mengalami midlife crisis yang bisa memicu aksi bunuh diri.

Angka kematian akibat bunuh diri di Indonesia masih cukup tinggi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut jumlah kematian akibat bunuh diri di Indonesia mencapai 1.800 jiwa per tahun.

Bunuh diri merupakah salah satu masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat. Bunuh diri menjadi persoalan yang sangat serius sehingga mendapatkan perhatian secara global.

Bagan jumlah kematian akibat bunuh diri di dunia mendekati angka 800.000 kematian per tahun. Dengan kata lain, sedikitnya selama selama 40 detik terdapat satu kasus kematian akibat bunuh diri.

Bunuh diri dapat disebabkan oleh beberapa hal. Bunuh diri sering dikaitkan dengan gangguan mental seperti depresi. Namun, banyak kasus bunuh diri terjadi secara impulsif karena ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi tekanan hidup. Konflik, bencana, kekerasan, pelecehan, kehilangan, dan perasaan terasing semuanya berkontribusi pada perilaku bunuh diri.

Berbagai negara di dunia memiliki komitmen untuk menurunkan 10% angka kematian karena bunuh diri sesuai amanat WHO Mental Health Action Plan 2013-2020. Salah satu targetnya adalah pada 2030 angka kematian karena bunuh diri harus diturunkan sepertiganya. Selengkapnya bisa dibaca di sini: Midlife Crisis, Alasan Usia 35-39 Tahun Paling Rentan Bunuh Diri

Kanal Espos Plus selalu menyajikan konten-konten premium yang berbasis jurnalisme berkedalaman serta menyajikan sudut pandang tajam dan menarik dengan pembahasan komprehensif yang kaya data. Membaca konten premium di kanal ini akan memperkaya perspektif, mempermudan memahami duduk perkara, dan mendapatkan data dan informasi yang utuh. Silakan mengakses dan menikmati…

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Polisi Kupang Tambal Jalan Demi Cegah Kecelakaan

Penambalan jalan merupakan bagian dari Polri Presisi.

Polda Jabar Bekuk Tokoh Perusuh di Depan Mapolda

Sejumlah orang tersebut, kata dia, diduga memimpin aksi ormas GMBI hingga menimbulkan kericuhan.

Selamatkan Perempuan dari Bunuh Diri, Sopir Bus Dihadiahi Penghargaan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengundang Khaerun ke Balai Kota Jakarta sebagai bentuk apresiasi.

Investor Batu Bara Gugat Yusuf Mansur setelah Bersabar 11 Tahun

Awalnya warga Bogor, Jawa Barat itu tidak ingin mempermasalahkan secara hukum karena ingin menjaga nama baik Yusuf Mansur. 

Investor Yusuf Mansur Kirim Surat Terbuka kepada MUI, Ini Isinya

Alasan surat terbuka itu ditujukan ke MUI karena Yusuf Mansur selalu membawa nama agama di setiap investasi yang digalangnya.

Ada Padat Karya Irigasi di 750 Desa di Jateng & Jatim, Ini Pengumuman BBWSBS

Padat karya irigasi yang akan digelar di 750 desa di Jateng dan Jatim ini bagian dari program P3-TGAI yang menyasar desa di seluruh Indonesia.

+ PLUS Mandau Terbang dan Jejak Peradaban Logam di Kalimantan

Cerita mandau terbang dan jejak peradaban logam dari kajian pengolahan logam di Kalimantan.

Premium, Ini Rekomendasi 6 Jam Tangan Pria Terbaik 2022

Berikut rekomendasi lima jam tangan pria premium terbaik di 2022.

Korupsi di Bawah Rp50 Juta Tak Dipidana? Ini Kata ICW

Tindak pidana korupsi dengan kerugian keuangan negara di bawah Rp50 juta untuk diselesaikan dengan cara pengembalian kerugian keuangan negara.

Menkes: Covid-19 Akan Melejit Tapi Bergejala Ringan

Menkes menjelaskan ciri-ciri dari Covid-19 varian Omicron yaitu tingkat perawatan di rumah sakit lebih rendah.

Destinasi Wisata di Kepulauan Mentawai Tarik Perhatian Pesohor Dunia

Keindahan pantai dan ombak di pantai kawasan Kepulauan Mentawai membuat pesohor dunia mendatangi Tanah Air.

+ PLUS Memberi Uang Tanda Terima Kasih kepada Aparat, Wajar atau Tidak?

Sebanyak 17,63 persen masyarakat membayar uang melebihi ketentuan, baik ketika mengakses layanan secara sendiri maupun melalui perantara pada 2021.

Covid-19 Melonjak Lagi, Ini Wanti-Wanti Presiden Jokowi

Presiden Jokowi memberikan peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi terjadi beberapa hari ke depan.

42 Dosen Baru Ikuti Pekerti di UMS, Ini Tujuannya

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 42 peserta yang terdiri atas 32 dosen di lingkungan UMS dan 10 dosen di luar lingkungan UMS.

Malang Digoyang Gempa Magnitudo 5,2

Pusat gempa berada di 445 kilometer di tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 kilometer.

Jokowi Minta Korpri Jadi Pencetus Bukan Pengikut

Kepala Negara meminta Korpri bersikap terbuka, dengan menghilangkan semua ego, baik ego sektoral, ego daerah, hingga ego ilmu.