Ilustrasi cuaca ekstrem. (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang memprediksi terjadi peningkatan curah hujan disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng), dalam beberapa hari kedepan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo, mengatakan cuaca eksterm yang terjadi di sebagian besar wilayah Jateng itu dipicu munculnya fenomena alam Madden Julian Oscillation (MJO).

"MJO itu mengacu pada sebuah pola osilasi awan konveksi yang dapat menimbulkan hujan dalam intensitas sedang-lebat. Pola ini terus berjalan di seluruh wilayah di Indonesia dan saat ini terbentuk memanjang di sekitar Pulau Jawa dan membentuk pola siklonik di sekitar Benua Australia," ujar Yoga saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/1/2020).

Senada disampaikan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo, yang mengatakan curah hujan yang dipicu fenomena MJO berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor.

"Kewaspadaan bersama tetap perlu dipertahankan akan terjadinya potensi bencana hidrometeorologi," jelas Achadi.

Achadi menyebutkan curah hujan dengan intensitas sedang-lebat akibat fenomena MJO di Jateng itu akan terjadi dalam tiga hari ke depan, yakni Selasa-Kamis (7-9/1/2020). Sejumlah daerah yang mengalami hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir itu, yakni:

Selasa (7/1/2020)

Brebes bagian selatan (Bumi Ayu dan Sekitarnya), Tegal bagian selatan (Guci, Slawi, Moga), Pemalang bagian selatan, Pekalongan bagian selatan (Kajen), Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Cilacap Bagian Utara (Majenang) , Banyumas/Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kota Semarang, Kab. Semarang, Salatiga, Boyolali, Grobogan, Blora, Sragen.

Rabu (8/1/2020)

Brebes bagian selatan (Bumi Ayu dan Sekitarnya), Tegal bagian selatan (Guci, Slawi, Moga), Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Cilacap Bagian Utara (Majenang) , Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kab. Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Karanganyar.

Kamis (9/1/2020)

Brebes bagian selatan (Bumi Ayu dan Sekitarnya), Tegal bagian selatan (Guci, Slawi, Moga), Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Pemalang bagian selatan, Pekalongan Bagian Selatan Cilacap Bagian Utara (Majenang) , Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Semarang, Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Grobogan, Blora, Pati bagian selatan, Demak, Kudus Bagian Selatan, Rembang bagian selatan, Sragen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten