SOLOPOS.COM - Ilustrasi full moon. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan fenomena alam full moon beserta dengan risiko bencana alam yang mungkin timbul pada hari ini, Sabtu (3/6/2023). Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

BMKG mengatakan bahwa fenomena fase bulan purnama alias full moon akan terjadi di Indonesia pada Sabtu (3/6/2023). Full moon kali ini juga berdekatan dengan fenomena bulan perigee (jarak terdekat bulan ke Bumi) yang akan terjadi pada Selasa (6/6/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bulan purnama [full moon] pada 3 Juni 2023 bersamaan dengan perigee [jarak terdekat bulan ke bumi] pada tanggal 6 Juni 2023, berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” tulis BMKG dalam keterangan resminya dikutip dari Bisnis.com pada Sabtu (3/6/2023).

BMKG meminta masyarakat di pesisir pantai untuk mewaspadai potensi banjir rob yang terjadi akibat fenomena full moon hari ini. Masyarakan juga diimbau untuk mewaspadai pasang maksimum air laut agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Potensi banjir pesisir [rob] ini berbeda waktu [hari dan jam] di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” tulis BMKG.

Dilansir dari Britannica, full moon adalah fase bulan ketika seluruh permukaan bulan yang diterangi cahaya terlihat dari Bumi. Full moon terjadi ketika bulan berada di atas cakrawala sejak matahari terbenam sampai fajar tiba.

Momen ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengamati bulan dan kawah-kawahnya karena sinar matahari terpantul dari bulan ke Bumi. Artinya, wilayah bulan akan terlihat terang karena bantuan sinar matahari tersebut.

Menjelang dan selama full moon seperti yang terjadi hari ini, benda langit lain seperti bintang dan planet lebih sulit diamati karena silau cahaya bulan. Fenomena full moon biasanya terjadi sekali tiap bulan. Namun, tak menutup kemungkinan fenomena ini terjadi dua kali pada bulan yang sama, jika full moon pertama berlangsung pada dua hari pertama bulan tersebut.

Daerah di Indonesia yang berisiko terkena banjir rob karena full moon hari ini meliputi:

– Pesisir Aceh
– Pesisir Sumatra Utara
– Pesisir Sumatra Barat
– Pesisir Lampung
– Pesisir Kep. Riau
– Pesisir Bangka Belitung
– Pesisir Banten
– Pesisir utara DKI Jakarta
– Pesisir Jawa Barat
– Pesisir Jawa Tengah
– Pesisir Jawa Timur
– Pesisir Bali
– Pesisir NTB
– Pesisir NTT
– Pesisir Kalimantan Barat
– Pesisir Kalimantan Tengah
– Pesisir Sulawesi Utara
– Pesisir Maluku Pesisir Maluku Utara
– Pesisir Papua Selatan

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Apa Itu Full Moon? Fenomena Alam Hari Ini yang Berisiko Sebabkan Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya