SOLOPOS.COM - Lee Eun Joo

Jung Ah Yool

Lee Chae Yeong

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lee Eun Joo

SOLO–Uang dan popularitas bukan jaminan kebahagiaan seorang artis. Ketatnya kompetisi, tekanan industri, skandal seks, hingga kritikan tajam menjadi beberapa pemicu bunuh diri di kalangan selebritas Korea Selatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dari penyanyi, aktor atau aktris, model sampai pembaca berita. Ironisnya, mereka nekat mengakhiri hidup di usia muda dan produktif.

Kabar tragis teranyar yang dilansir  detik.com, belum lama ini, datang dari aktris, Jung Ah Yool. Di usia 25 tahun, artis cantik itu tewas gantung diri di kediamannya, pada 12 Juni lalu. Ah Yool mengalami kesulitan keuangan sehingga dia depresi. Kontraknya dengan agensi Myname Entertainment berakhir enam bulan lalu dan tidak diperpanjang. Kegalauan Ah Yool diperparah setelah honor drama seri yang dibintanginya tak kunjung dibayar.

Ah Yool dikenal sebagai aktris dalam drama KBS Love Love. Namun karena stasiun televisi yang bersangkutan baru diterpa kasus pemogokan karyawan, pembayaran honor bagi para artis jadi tersendat. “Jung Ah Yool akhir-akhir ini memang punya masalah keuangan dan sangat khawatir pada masa depannya,” ujar seorang sumber dekat Ah Yool, seperti dilansir Soompi, Jumat (15/6).

Sebelum mengakhiri hidupnya, ia sempat menulis beberapa status di akun Facebook. “Aku bangun pagi ini, membuka mata dan seperti berdiri sendiri di tengah padang pasir. Aku sudah mengurus diriku sendiri sejak 19 tahun, tapi tiba-tiba …di kamarku, aku tak punya tempat untuk bergantung,” tulisnya dua hari sebelum ajalnya. Keesokan harinya, ia kembali menulis pesan putus asa serupa. “Tak ada yang bisa menghiburku,” tulisnya.

Mantan personel SG Wannabe, Chae Dong Ha, juga memilih nasib serupa. Ia ditemukan tewas gantung diri di rumahnya pada 27 Mei 2011. Penyebab kematian artis berusia 30 tahun ini bukan karena depresi, tapi karena mengikuti jejak sang manajer. Sejak awal karier Dong Ha di dunia hiburan tak lepas dari kiprah sang manajer. Manajer itu pun bunuh diri dua tahun sebelum kematian Dong Ha.

Aktris sekaligus penyanyi, Han Chae Won, juga memilih bunuh diri sebagai jalan pintas untuk lari dari masalah. Anehnya, tidak ada kabar mengenai kematian artis berusia 26 tahun ini di media selama dua bulan. Akhirnya, salah satu media di Korea, pada 8 Oktober 2011, memberitakan Han Chae Won mengakhiri hidupnya 25 Agustus 2011 lalu. Sesaat sebelum kematiannya, Chae Won sempat menulis pesan di halaman website-nya. Ia menulis keinginannya untuk berhenti nangis dan segera mengakhiri penderitaannya.

Kematian Chae Won diduga karena ngerasa berat njalanin berbagai aktivitas promosi untuk kariernya. Debut pertama Chae Won dimulai 2002 melalui drama seri KBS berjudul Solitude. Ia juga berpartisipasi dalam sitcom di stasiun MBC berjudul Non-Stop 3 di 2003. Debutnya sebagai penyanyi ditandai dengan lagu berjudul Ma! Boy! pada 2010.

Artis cantik, Jang Ja Yeon, ditemukan gantung diri di rumahnya. Menjadi korban pelecehan seksual orang-orang besar di dunia hiburan jadi alasan bintang Boys Before Flowers ini bunuh diri. Selain itu, depresi juga jadi penyebab bunuh diri itu karena berkali-kali gagal nembus audisi peran utama. Ja Yeon tewas dalam usia 29 tahun, saat dua filmnya They Are Coming dan Penthouse Elephant tinggal menunggu waktu dirilis.

Sebelum meninggal, ia menulis soal pelecehan seksual yang dialaminya demi mendapatkan peran. Kasus ini membesar dengan munculnya nama 31 petinggi industri hiburan dalam dokumen setebal 230 halaman yang ditulis Ja Yeon. Sebanyak 20 orang di antaranya diperiksa, tujuh orang mendapatkan vonis dan sang manajer diganjar penjara selama satu tahun.

Patah hati juga bisa jadi penyebab artis Korea Selatan bunuh diri. Pembaca berita dari stasiun televisi MBC, Song Ji Sun, nekat bunuh diri setelah diputuskan sang kekasih yang juga seorang atlet baseball, Im Tae Hoon.

Lain halnya dengan bintang populer Winter Sonata, Park Yong Ha. Ia mengakhiri hidup dengan gantung diri menggunakan kabel pengisi daya camcorder di rumahnya, 29 Juni 2010. Konon, ia mengakhiri hidup karena tak tega melihat penderitaan sang ayah yang mengalami kanker perut akut. “Seharusnya aku yang sakit dan bukannya Ayah. Aku minta maaf,” demikian pesan terakhir Yong Ha sebelum meninggal dunia.

Aktris Woo Seung Yeon memulai kariernya sebagai model majalah dan bintang iklan. Ia pun menderita depresi berat setelah berulang kali gagal audisi. Ia ditemukan tewas di rumahnya, yakni di area Jamsil, Seoul, pada 28 April 2009. Sebelumnya ia sempat mengirim pesan singkat pada saudara perempuannya untuk meminta maaf. Dalam buku hariannya ditemukan tulisan, “Aku mencintai keluargaku. Maafkan karena aku harus pergi lebih dulu.”

Artis cantik yang satu ini, Jung Da Bin, enggak hanya populer di Korea tapi juga di Taiwan. Namun ia menambah daftar artis bunuh diri karena depresi di Korea Selatan. Ia gantung diri dengan menggunakan handuk di kamar mandi apartemen kekasihnya. Da Bin tewas pada 10 Februari 2007, hanya beberapa pekan sebelum ulang tahunnya yang ke-27. Da Bin pernah membintangi video klip Baek Jiyoung Sarang Ahn Hae.

Sementara itu Lee Eun Joo mengakhiri hidup dengan cara mengiris nadi dan menggantung dirinya. Tragisnya, tindakan nekat itu dilakukannya beberapa hari setelah lulus dari universitas, 22 Februari 2005. Penyebab bunuh diri Eun Joo diduga karena insomnia setelah melakoni adegan telanjang dalam serial The Scarlett Letter.

Eun Joo pernah berperan dalam 10 film dan empat serial. Ia meninggalkan surat yang ditulisnya dengan darah, “Bu, aku minta maaf, aku mencintaimu. Aku ingin berbuat banyak. Meski aku hidup, aku tidak benar-benar hidup. Aku tidak ingin kecewa. Senang punya uang, aku ingin uang.”

Aktris yang pernah meraih banyak penghargaan, Choi Jin Sil, juga bunuh diri di usia 39 tahun. Meski kariernya sukses, Jin Sil menjalani hidup yang rumit. Ia menjadi saksi hidup atas manajernya yang dibunuh. Ia pun ngalamin kekerasan dalam rumah tangga saat hamil sampai akhirnya bercerai.

Jin Sil mengakhiri hidup dengan gantung diri di rumahnya di Seoul dan meninggalkan dua anak. Setelah kematiannya, rekan sesama selebriti Korea membuat lembaga amal yang diberi nama The Choi Jin Sil Foundation.

Lirik lagu Buy Me Happiness karya Anggun yang bunyinya seperti ini all those fancy things fail to make my heart sings, mungkin tepat untuk menggambarkan perasaan para artis tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya