SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena langka planet sejajar. (Istimewa)

Fenomena antariksa lima planet sejajar terjadi hari ini.

Solopos.com, SOLO – Fenomena antariksa yang cukup langka bakal terjadi hari ini, Rabu (20/1/2016). Lima planet secara bersama-sama berjajar di langit sekira satu jam atau lebih sebelum Matahari Terbit.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Merkurius, Venus, Maret, Jupiter dan Saturnus, lima planet yang telah diamati sejak zaman kuno itu akan terlihat dalam satu garis yang membentang dari utara hingga timur. Planet-planet itu akan terlihat dari seberang Australia di langit fajar.

Sebagaimana diberitakan IFL Science, Rabu (20/1/2016), pemandangan ini bisa langsung disaksikan mulai 20 Januari hingga akhir Februari 2016. Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus telah berada di langit sejak awal tahun.

Jupiter terlihat di utara, diikuti oleh Saturnus dan terakhir oleh Venus di atas ufuk timur. Munculnya Merkurius akan membuat keluarga planet ini lengkap.

Merkurius baru saja beralih dari malam ke pagi hari. Pada awalnya planet itu akan muncul cukup rendah ke langit timur dan semua planet akan terlihat samar, sehingga akan sulit untuk melihat. Akan tetapi, Merkurius akan berada lebih tinggi setiap pagi dan pada Februari akan berada tepat di bawah Venus.

Fenomena alam itu juga bisa berdampingan di Bulan, dan Anda bisa menyaksikan Bulan itu ada di antara planet itu. Pada 28 Januari 2016, bulan akan tepat berada di sebelah Jupiter. Sementara pada 1 Februari bulan akan berdampingan dengan Mars, kemudian Bulan berada di bawah planet Merah. Pada hari di 4 Februari, Bulan sabit akan berada dekat Saturnus.

Setelah itu, pada 7 Februari, Bulan akan terlihat berada di bawah Merkurius. Garis yang dibentuk oleh planet-planet di langit mengikuti ekliptika (jalur yang dilalui oleh benda dalam mengelilingi suatu titik pusat).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya