SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena aurora di Planet Mars. (Isimewa/NASA)

Fenomena alam berupa aurora muncul di Planet Mars.

Solopos.com, WASHINGTON – Fenomena aurora tertangkap kamera di Panet Mars. Kejadian ini terbilang langka lantaran fenomena aurora biasanya hanya muncul di bumi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Gizmag, Sabtu (7/11/2015), fenomena aurora yang ada di Mars dapat dilihat melalui bidikan kamera khusus melalui pesawat pengorbit, Mars Express oleh European Space Agency (ESA). Aurora yang terjadi di planet merah ini menunjukkan adanya medan magnet yang dimiliki planet tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk aurora yang terjadi di Bumi, ilmuwan dapat melihatnya karena intensitas dari medan magnet terestrial yang dimiliki oleh Bumi. Terjadinya fenomena tersebut dijelaskan, akibat interaksi angin matahari (solar wind), di mana partikel atom bertabrakan dengan molekul yang berbeda di atmosfer, sehingga menciptakan cahaya yang menakjubkan.

Sedangkan di Mars, planet ini memiliki medan magnet global yang lemah, sehingga cahaya aurora tidak akan terlihat oleh mata. Mars memiliki medan magnet yang kecil di daratan tinggi wilayah selatan.

Temuan medan magnet yang kecil di Mars pertama kali direkam oleh Mars Global Surveyor milik NASA yang kini sudah tidak aktif. Medan magnet tersebut memungkinkan terjadinya aurora kecil di planet merah.

Mulai dari 2004 hingga 2014, Mars Express mengobsevasi aurora Mars menggunakan teknologi Spectroscopy for the Investigation of the Characteristics of the Atmosphere of Mars (SPICAM) dan Analyzer of Space Plasma and Energetic Atoms/Electron Spectrometer (ASPERA).

Pesawat pengorbit Mars Express mengamati cahaya ultraviolet pada malam hari di Mars. Selama satu dekade pengamatan ini dilakukan, ilmuwan mendapatkan informasi tidak hanya penampilan aurora, tetapi juga pemahaman yang lebih baik dari karakteristik aurora tersebut.

Menggunakan sensor ultraviolet, Mars Express dapat mengukur energi elektron yang memukul atmosfer Mars. “Tampaknya bahwa emisi ini dikendalikan oleh bentuk khusus dari medan magnet lokal,” ungkap Jean-ClaudeGerarddariUniversity of Liege.

Aurora yang berhasil diamati di Mars hanya muncul selama beberapa detik. Mars Express juga mencatat kemunculan sebanyak 19 aurora. Aurora tersebut diestimasi berada pada ketinggian 137 kilometer di Mars.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya