SOLOPOS.COM - Pelangi api di AS (slashgear.com)

Fenomena alam pelangi api di Amerika Serikat (AS) memiliki makna tersembunyi.

Solopos.com, ISLE OF PALM – Warga Isle of Palm, Carolina, AS, sempat dihebohkan oleh penampakan pelangi aneh berbentuk burung. Kendati telah dijelaskan secara ilmiah, rupanya beberapa orang memercayai ada pertanda mistis di balik fenomena alam itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fenomena alam pelangi aneh yang disebut sebagai fire rainbow itu menghiasi langit AS kurang lebih satu jam. Justin Lock, ahli meteorologi AS mengatakan perlu ada kombinasi sempurna antara awan dan matahari untuk menghasilkan pelangi unik itu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sinar matahari harus menembus ke kristal es pada awan cirrus dengan sudut tertentu untuk menghasilkan efek prisma dan spektrum warna dengan bentuk unik itu,” ungkap Justin seperti dilansir laman Mirror, Jumat (21/8/2015).

Kendati sudah ada penjelasan ilmiah, tetap ada yang percaya bahwa fenomena alam pelangi aneh itu membawa pertanda mistis. Karena bentuknya yang meliuk-liuk, beberapa orang menyebutnya sebagai pelangi Phoenix–burung besar berbulu api dalam mitologi Yunani.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, beberapa mitologi di dunia menyebut pelangi terutama yang berbentuk burung adalah pertanda akhir dunia dari masa-masa kritis.

Suku Maya di AS memercayai jika dewa sedang marah, maka Bumi akan dibakar dengan hujan meteor. Setelah dewa merasa dosa manusia sudah terbayarkan, maka ia akan memunculkan pelangi berbentuk burung sebagai tanda murkanya telah behenti.

Sementara itu Legenda di Norwegia mengatakan pelangi berbentuk burung merupakan kendaraan para dewa yang tinggal di Asgard (kahyangan) untuk turun ke Midgard (bumi) dalam rangka menjemput roh-roh dari manusia yang gugur dalam peperangan.

Sedikit berbeda, masyarakat Honduras justru memercayai bahwa pelangi Phoenix merupakan tanda iblis sedang murka. Setiap pelangi seperti itu muncul, para orang tua menyuruh anaknya masuk ke rumah dan melarangnya untuk menatap langit.

Sedangkan cerita rakyat yang beredar di India mengatakan fenomena alam berupa pelangi merupakan busur panah milik dewa. Kemunculan pelangi menandakan adanya dewa yang tengah bertarung melawan iblis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya