SOLOPOS.COM - Calhaj dari berbagai penjuru dunia memadai Ka'bah, Jumat (12/10/2012). (Foto: Istimewa)

Fenomena alam matahari berada tepat di atas Kakbah pada Jumat pekan ini.

Solopos.com, SOLO – Berdasarkan data astronomi, Jumat (15/7/2016) pukul 16.27 WIB atau pukul 17.27 WITA, matahari melintas tepat di atas Kakbah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah ke Kakbah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sehubungan dengan itu, Kementerian Agama mengimbau kepada umat muslim di seluruh Indonesia yang akan memperbaiki arah kiblatnya agar disesuaikan dengan arah bayang-bayang benda tersebut di atas.

Ekspedisi Mudik 2024

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syarian Ahmad Tambrin sebagaimana diberitakan Kemenag.go.id, Rabu (13/7/2016), mengatakan berdasarkan tinjauan astronomis/falak, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meluruskan arah kiblat. Cara itu di antaranya menggunakan kompas, theodolit, serta fenomena posisi matahari melintas tepat di atas Kakbahyang dikenal dengan istilah Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat.

Untuk menggunakan teknik Rashdul Kiblat, Tambrin menyampaikan ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan yaitu pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul.

Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata. Ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, dan Telkom.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya