Tutup Iklan

FENOMENA ALAM : Gerhana Bulan Total Berlalu, Pesisir Demak Masih Waspada Banjir Rob

FENOMENA ALAM : Gerhana Bulan Total Berlalu, Pesisir Demak Masih Waspada Banjir Rob

SOLOPOS.COM - Banjir rob atau limpasan air laut ke daratan di pesisir Demak, Jateng. (Okezone.com-Taufik Budi)

Fenomena alam gerhana Bulan total memang telah berlalu, namun warga di pesisir Demak masih mengkhawatirkan banjir rob.

Solopos.com, DEMAK — Warga pesisir Demak Jawa Tengah masih mewaspadai potensi banjir rob atau limpasan air laut ke daratan meskipun fenomena alam gerhana Bulan total yang menyertai Bulan perige alias supermoon telah berlalu. Super blue blood Moon itu sempat dinyatakan bakal meningkatkan permukaan air laut ke titik lebih tinggi.

Tetapi kepergian supermoon yang sempat ditutupi bayangan Bumi saat super blue blood Moon tak otomatis menormalkan ketinggian permukaan air laut sehingga ancaman rob menhilang. Limpasan air laut ke daratan itu tetap bakal terjadi seusai gerhana bulan total.

Gelombang laut pasang kembali merendam permukiman dan sejumlah ruas jalan. "Semalam besar robnya, sampai masuk rumah. Padahal lantai sini sudah saya uruk, tapi tetap saja kalah sama banjir," kata Nasirin, warga Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kamis (1/2/2018).

Dia mengatakan, banjir rob bersamaan dengan fenomena gerhana bulan total itu juga disertai ombak. Rumah-rumah warga yang berbatasan langsung dengan laut, dihantam gelombang besar hingga tengah malam.

"Sebenarnya takut, tapi gimana lagi kan kita memang tinggalnya di sini. Jadi meski banjir rob dan ada gelombang ya tetap tinggal di sini. Semoga saja nanti malam tidak besar lagi, tapi ya kita tetal waspada mindahin barang dulu ke tempat yang lebih tinggi," kata nelayan tradisional itu sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Indonesia mendapat suguhan pemandangan gerhana Bulan total, Rabu (31/1/2018) malam. Selain itu, warga juga menggelar salat gerhana Bulan berjemaah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Diduga Tertular Istri, Ketua DPRD Bantul Positif Covid-19

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, menjalani isolasi mandiri bersama keluarga setelah dinyatakan positif Covid-19.

Swab Acak Sasar Pengguna Jalan di Kawasan Plaza Manahan Solo, Satu Orang Positif Covid-19

Jajaran Polresta Solo menggelar swab acak di Jl Adi Sucipto kawasan Plaza Manahan pada Jumat (18/6/2021) pagi WIB. Hasilnya, satu orang pengguna jalan terkonfirmasi positif dalam swab test.

Meninggal karena Covid-19, Ini Profil Wan Abud yang Terkenal dengan Ente Bahlul

Ini dia profil dan perjalanan karier dari komedian Wan Abud, pemain sinetron Putri Duyung yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Menko PMK Kunjungi Dukuh di Madiun yang Lockdown, Minta Masyarakat Waspadai Klaster Hajatan

Menko PMK lihat langsung dukuh di Kabupaten Madiun yang menjalani lockdown. Ia meminta warga untuk mewaspadai klaster hajatan.

Bawa Ribuan Butir Obat Terlarang, Pemuda asal Kedawung Sragen Diringkus Polisi

Pemuda asal Dukuh Selorejo RT 32, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, diringkus polisi karena menjadi pengedar obat terlarang.

Hanyut di Sungai Trucuk, Cucu Kadus Mlese Cawas Klaten Ditemukan Meninggal 

Cucu Kadus Mlese, Cawas, Klaten, yang hanyut di Sungai Trucuk akhirnya ditemukan, meninggal dunia, Jumat (18/6/2021) pukul 12.10 WIB.

Covid-19 Klaster Hajatan di Simo Boyolali: 30 Warga Positif, 2 Dusun Lockdown

Dua dusun di Desa Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, lockdown sejak beberapa hari terakhir, setelah munculnya kasus Covid-19 klaster hajatan.

Bukan Hanya Nasi Gandul, Ini Sederet Makanan Enak khas Pati

Selain nasi gandul, terdapat makanan enak khas Pati, Jawa Tengah lainnya patut kamu coba saat berkunjung ke kota di pantura ini. Penasaran?

RS Penuh Pasien Covid-19, Pemkot Salatiga Tambah 20 Bed Isolasi

Keterisian bed pasien Covid-19 di RS Kota Salatiga sudah mencapai 90%. Pemkot Salatiga akan menambah 20 bed isolasi pasien Covid-19 di RSUD Salatiga.

Banyumas Belum Perlu Tambah Bed Pasien Covid-19

Banyumas belum perlu tambah tempat tidur untuk pasien Covid-19, karena bed yang tersedia di 15 rumah sakit di wilayah ini masih mencukupi.

Klaster Kudus di Wonogiri Meluas, Pemdes Ketos Bikin Tempat Isolasi Terpadu

Gedung PKK Desa Ketos mampu menampung 10-15 pasien dan kini ada satu pasien positif Covid-19 menempati tempat isolasi terpadu itu.

Dilegalkan di Era Edhy Prabowo, Ekspor Benur Kini Kembali Dilarang oleh Trenggono

Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono, mengembalikan kebijakan larangan ekspor benur yang sempat dicabut Edhy Prabowo.