SOLOPOS.COM - Polisi London berada di Sungai River Thames yang membeku pada 1900 (The Telegraph)

Fenomena alam besar akan terjadi di Bumi pada 2030 mendatang.

Solopos.com, SOLO – Para ilmuwan memprediksi Planet Bumi akan menghadapi zaman es mini sekitar 15 tahun lagi. Para peneliti itu merupakan ahli solar dari Universitas of Northumbria, Inggris.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir The Telegraph, Minggu (12/7/2015), mereka memprediksi zaman es mini itu akan mengakibatkan beberapa sungai beku, seperti Sungai River Thames, Inggris.

Para ilmuwan itu telah menciptakan sebuah model aktivitas Matahari yang mampu menjelaskan sebuah fenomena yang belum terjadi sebelumnya.

Mereka mengungkapkan akan ada penurunan suhu secara drastis pada 2030. Hal tersebut dikarenakan aktivitas solar Matahari menurun 60% akibat gerakan cairan di dalam matahari yang tidak baik.

Perwakilan ilmuwan, Prof. Valentina Zharkova ,mengatakan kondisi zaman es mini akan sama dengan kondisi beku yang dialami Bumi pada abad ke-17.

Dia menambahkan fenomena alam yang akan terjadi 15 tahun lagi itu akan mengarah kepada kondisi Maunder Minimum. Istilah tersebut dikenal sebagai penurunan aktivitas Matahari yang membuat Bumi memiliki cuaca yang sangat dingin.

Fenomena itu pernah terjadi pada periode antara 1645 dan 1715 silam. Saat itu wilayah Eropa dan Amerika Utara menghadapi cuaca yang sangat dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya