Kategori: Tips

Fengsui Kamar Mandi: Bukan Hanya Material, Perhatikan Juga Hal Ini…


Solopos.com/Herlambang Jati Kusumo

Solopos.com, JAKARTA — Bagi mereka yang percaya fengsui, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur kamar mandi di rumah. Berdasarkan ilmu fengsui, bukan hanya material kamar mandi yang patut diperhatikan.

Selain material, desain dan penempatan kamar mandi juga merupakan sesuatu yang penting menjadi perhatian. Berikut ini perincian hal-hal yang patut Anda perhatikan untuk menjaga energi positif terkait ruang bersih-bersih badan itu:

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian, jangan menempatkan kamar mandi di bagian tubuh rumah. Kamar mandi adalah tempat untuk membuang hajat dan melakukan aktivitas bersih-bersih lainnya.

Video Asusila Mirip Artis Gisella Anastasia Viral, Ini Kata Polisi…

Penempatan kamar mandi di bagian tengah rumah bisa membuat bau tak sedap menyebar ke seluruh penjuru rumah. Di samping itu, aliran energi negatif juga akan mempengaruhi kenyamanan rumah.

Sebaiknya kamar mandi ditempatkan pada posisi sudut supaya sistem ventilasi udaranya pun lebih memadai.

Kedua, kamar mandi jangan berdekatan dengan kamar tidur. Menurut aturan fengsui, kamar mandi mewakili elemen air sedangkan kamar tidur mewakili elemen udara.

Fenomena Petir Elves dan Sprite di Jupiter Jadi Sasaran NASA

Keberadaan kamar mandi dekat kamar tidur dapat mengganggu kenyamanan. Di samping itu, kamar mandi yang berdekatan dengan kamar tidur juga rentan membuat kamar tidur jadi lembab sehingga kualitas kesehatan kamar jadi terganggu.

Ketiga, dapur sebaiknya tidak berhadapan dengan kamar mandi. Bila kamar tidur memiliki elemen udara, maka dapur dilambangkan dengan elemen api.

Dapur juga dilambangkan sebagai mata pencaharian serta kondisi finansial rumah tangga. Itulah sebabnya dapur sebaiknya tidak terletak berhadapan dengan kamar mandi karena elemen air pada kamar mandi dapat mengganggu dapur. Keberadaan kamar mandi yang berhadapan dengan air dikhawatirkan membawa pengaruh buruk bagi kondisi finansial keluarga.

Genetik Ini Jadikan Orang Lebih Berisiko Kena Covid-19 Parah

Keempat, aturan penempatan kamar mandi di bawah tangga. Prinsip penataan rumah minimalis kerap mengandalkan bagian bawah tangga untuk menempatkan kamar mandi. Padahal, keputusan ini sebenarnya kurang baik bagi fengsui rumah secara keseluruhan.

Jika kamar mandi rumah telanjur berada di bawah tangga, bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal ini, seperti memilih warna-warna cerah untuk tangga dan dinding di sekitarnya, memastikan bahwa pintu kamar mandi selalu tertutup, dan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara di kamar mandi dan tangga harus benar-benar baik.

Jangan Hadap Jalan!

Kelima, pintu kamar mandi tidak menghadap ke jalan. Arah hadap pintu kamar mandi yang keliru diyakini dapat mengganggu kondisi finansial keluarga.

Wayang Kulit Fleksibel saat Pandemi Covid-19, Ini Buktinya...

Pintu kamar mandi yang menghadap ke arah jalan rentan membuat pemilik rumah boros, sedangkan pintu yang membelakangi justru dapat menghambat rezeki. Itulah sebabnya wajib mempertimbangkan letak pintu kamar mandi yang tepat agar sejalan dengan aturan fengsui dan tidak membuat interior rumah terkesan sempit.

Keenam, posisi kloset tidak berhadapan dengan pintu. Selain dapat menyebabkan penyebaran energi negatif, posisi tersebut juga membuat bau tak sedap dari kamar mandi mudah menyebar ke ruangan lain.

Ketujuh, adanya jendela di kamar mandi. Penempatan jendela di kamar mandi ternyata dapat membawa banyak dampak positif. Pemilik rumah bisa membuka jendela sesering mungkin supaya sirkulasi udara di kamar mandi jadi lebih lancar.

Gatot Brajamusti Meninggal Dunia, Ada Wasiat buat Parfi...

Risiko kamar mandi lembab dan menjadi tempat perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit dapat diminimalkan. Di samping itu, jendela juga bisa mendukung sistem pencahayaan alami kamar mandi sehingga kamar mandi akan tetap terang meskipun lampunya tidak dinyalakan.

Kedelapan, peletakan cermin tidak di depan kloset. Cermin besar di kamar mandi sebaiknya tidak diletakkan berhadapan dengan kloset sebab hal tersebut dipercaya bisa melipatgandakan energi negatif dari kloset.

Jadi, letakkan cermin pada sisi kamar mandi yang tidak berseberangan dengan kloset.  Bisa juga meletakkan kabinet atau rak gantung yang posisinya berhadapan dengan cermin.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono