SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabul (Solopos.com) – Aksi baku tembak dilaporkan terjadi di sekitar sebuah hotel di Kabul, Afghanistan, Minggu (25/9/2011) malam. Hotel itu disebut dipergunakan sebagai markas badan intelijen AS, CIA. Hotel Ariana itu terletak tak jauh dari istana kepresidenan dan Kedutaan Besar AS dan berada di kawasan yang dijaga sangat ketat sehingga bahkan aparat keamanan Afghanistan saja sulit memasukinya.

Pada Senin (26/9/2011) dilaporkan, Kepala Polisi Kabul, Ayub Salangi menyatakan ada insiden di Hotel Ariana. Sejumlah saksi mata juga menyebut ada beberapa ledakan yang terjadi di sekitar kawasan itu. Namun tak ada lagi informasi yang diungkapkan. Pihak CIA dan Kedubes AS juga tak memberikan keterangan. Namun seorang pejabat AS yang tak mau diungkap jati dirinya dengan alasan masalah ini sensitif membenarkan jika ada serangan terhadap sebuah fasilitas AS di Kabul.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

Dua pekan lalu kelompok militan juga melakukan serangan nekad ke Kedubes AS dan markas besar NATO di Kabul. Para pejabat senior AS, di antaranya Ketua Gabungan Kepala Staf Laksamana Mike Mullen, menuding kelompok Haqqani sebagai pelakunya. Kelompok ini disebut sebagai salah satu faksi paling radikal dalam lingkup Taliban dan dituding berbasis di Pakistan dan didukung oleh badan intelijen Pakistan, ISI. Tuduhan ini kontan dibantah keras oleh para pejabat Pakistan dan memicu ketegangan dalam hubungan Pakistan-AS.

Ekspedisi Mudik 2024

bas/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya