SOLOPOS.COM - Pengunjung memanfaatkan ruang belajar di UPT Rumah Pintar Pacitan. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Fasilitas publik, UPT Rumah Pintar Pacitan memiliki berbagai program layanan bagi masyarakat.

Madiunpos.com, PACITAN — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Pintar Pacitan memiliki sembilan fasilitas yang disediakan untuk masyarakat secara gratis. UPT Rumah Pintar Pacitan buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-16.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala TU UPT Rumah Pintar Pacitan, Karno, mengatakan UPT Rumah Pintar Pacitan berdiri sejak 2007 dan berada di bawah Dinas Pendidikan. Rumah Pintar ini memiliki fungsi untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat sebagai tempat belajar dan membaca buku.

Karno menyampaikan ada delapan fasilitas yang disediakan di Rumah Pintar, fasilitas atau program tersebut yaitu :

1.       Program Mobil Pintar

Mobil pintar ini memiliki berbagai fasilitas antara lain perpustakaan mini, komputer, dan tutorial. Sasaran program ini yaitu siswa SD/MI se-Pacitan. Setiap bulan, mobil pintar ini beroperasi dua kali secara bergantian di seluruh Pacitan.

2.       Program Motor Pintar

Yaitu program yang menggunakan sepeda motor sebagai media penyedia perpustakaan mini, televisi pintar, tutorial, dan pusat panggung. Sasaran program ini yaitu siswa TK dan PAUD. Program ini satu bulan berjalan dua kali di seluruh desa di Pacitan.

3.       Program Ruang Publik Pasar Minulyo

Yaitu perpustakaan yang berada di pasar tradisional. Fasilitas yang ada di ruang publik itu antara lain perpustakaan dan pusat komputer. Program ini untuk memberikan fasilitas kepada pengunjung Pasar Minulyo yang ingin membaca buku dan belajar komputer.

4.       Sambungan Internet gratis di UPT Rumah Pintar Pacitan yang berada di Jl. dr. Sutomo Pacitan.

5.       Pusat buku dan bahasa

Ada sebanyak 9.000 buku mulai buku pengetahuan umum, pengetahuan sosial, sejarah, sains, agama, dan lainnya. Perpustakaan ini terbuka untuk umum dan tidak ada kewajiban membuat kartu anggota terlebih dahulu. Namun, seluruh buku di perpustakaan ini hanya boleh dibaca di lokasi Rumah Pintar.

6.       Pusat komputer

Ada delapan unit komputer di Rumah Pintar Pacitan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Komputer tersebut sudah terhubung dengan jaringan Internet.

7.       Pusat permainan

Ada berbagai permainan untuk anak-anak. Permainan ini untuk mengasah kecerdasan anak.

8.       Pusat Kriya

Yaitu program untuk memfasilitasi masyarakat dalam berkreasi dalam membuat suatu kerajinan. Program ini biasanya dilaksanakana setiap tahun sekali. Dan berbagai produk hasil kerajinan sudah banyak tersebar dan mendapat berbagai penghargaan.

Karno menambahkan pengelola UPT Rumah Pintar Pacitan ada 10 orang yang terdiri atas lima orang PNS dan lima orang tenaga kontrak. Untuk tutor yang ada di Rumah Pintar ada lima orang.

“UPT Rumah Pintar buka setiap hari, Senin hingga Minggu. Tetapi, untuk hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB,” ujar dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya