SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus (JIBI/Solopos/Dok.)

Terminal yang sudah mulai difungsikan tersebut belum banyak berdampak pada sejumlah moda angkutan.

Harianjogja.com, WONOSARI-Meskipun masih dalam status uji coba, sejumlah angkutan sudah mulai keluar masuk menaikkan penumpang di terminal Semin. Namun, terminal yang sudah mulai difungsikan tersebut belum banyak berdampak pada sejumlah moda angkutan, khususnya Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang supir bus AKDP dengan trayek Wonosari-Semin, Warjono mengatakan bahwa keberadaan Terminal Semin belum terlalu membuat peningkatan jumlah penumpang. Beberapa kali saat busnya transit di terminal Semin, dikatakannya penumpang pun belum serta merta banyak yang menunggu.

“Masih sepi, pemanfaatannya belum terlihat maksimal,” kata dia, Minggu (31/7/2016).

Warjono mengungkapkan bahwa selama ia mencari penumpang di sepanjang trayek Semin-Wonosari, penumpang memilih menunggu di beberapa titik tertentu. Penumpang kurang memilih Terminal Semin karena letaknya yang kurang strategis. Dibandingkan kondisi sebelumnya, bus dapat transit di lokasi dekat dengan pasar sehingga orang yang selesai berbelanja dapat menaiki angkutannya.

“Sekarang penumpang lebih banyak yang nyegat bus di jalan, tidak pilih tunggu terminal,”. kata dia.

Ia pun mengatakan trayek Wonosari-Semin adalah trayek khusus yang telah ditentukan oleh paguyuban bus. Sedangkan penumpang trayek Wonosari-Semin ataupun sebaliknya sudah jarang peminat. Warjono berharap terminal Semin dapat segera beroperasi dengan maksimal, dalam artian ketika angkutan transit, penumpang banyak yang menunggu di terminal dan memanfaatkan angkutan umum yang sudah semakin jarang peminatnya.

Sementara itu, Anung salah seorang staff tiketing PO Rosalia Indah saat disinggung mengenai Terminal Semin yang sudah dalam masa pengoperasian uji coba tersebut, mengaku belum mendapatkan informasi tersebut. Meskipun begitu, kedepannya ia pun berharap agar terminal Semin dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Sayang kalau dibangun tapi tidak digunakan transit bus untuk mendapatkan penumpang,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa saat Terminal Semin telah resmi dioperasikan nanti, Bus Rosalia wajib transit untuk menaik turunkan penumpang di terminal Semin.
Hal tersebut menurutnya menjadi salah satu upaya untuk berkontribusi menggeliatkan Terminal Semin yang dibangun oleh pemerintah tersebut. Dengan upaya tersebut diharapkan Terminal dapat memiliki kesibukan dan tidak menjadi sepi seperti yang dialami oleh Terminal Dhaksinarga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya