SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Pojok baca adalah sebuah ruangan yang berada di tempat umum dengan memberikan fasilitas berupa perpustakaan mini.

Harianjogja.com, WONOSARI—Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Gunungkidul, Ari Ridlo berharap Gunungkidul dapat segera memiliki fasilitas Pojok Baca.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ia mengatakan bahwa pojok baca yang dimaksud yakni sebuah ruangan yang berada di tempat umum dengan memberikan fasilitas berupa perpustakaan mini, dimana masyarakat dapat memanfaatkan buku-buku yang disediakan oleh KPAD. Tak hanya di tempat umum, namun juga pojok baca dapat ditemui di setiap kantor SKPD atau gedung pemerintahan Kabupaten Gunungkidul.

“Semua dinas atau instansi yang melayani masyarakat nantinya diharapkan memiliki pojok baca yang dapat dimanfaatkan masyarakat sembari menunggu giliran pelayanan,” kata dia, Minggu (18/9/2016).

Saat ini pihaknya masih dalam proses penggodogan Perbup terkait ketersediaan fasilitas Pojok Baca. Dengan tersedianya pojok baca, ia berharap agar setidaknya budaya membaca dapat melekat di masyarakat Gunungkidul dan kehadiran perpustakaan menjadi hal yang tidak asing lagi di masyarakat. Penempatan pojok baca di tengah masyarakat akan memberikan kesempatan bagi semua orang untuk dapat dekat dengan buku.

“Selain di ruang pelayanan publik, pojok baca juga bisa dibangun di tempat-tempat bersantai anak muda. Misalnya di Taman Kota,” kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya