SOLOPOS.COM - Ilustrasi DPRD Solo (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO – Anggota DPRD Solo pada 2015 mendatang diwacanakan mendapat tunjangan perumahan senilai Rp6,5 juta /orang/bulan. Angka itu meningkat dibanding tahun ini yakni  Rp4,4 juta/orang/bulan.

Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa, saat ditemui di DPRD Solo, Rabu (5/11), mengatakan appraisal terhadap rumah dinas (rumdin) ketua DPRD Solo sudah dilakukan dengan nilai Rp5,5 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, wacana peningkatan tunjangan perumahan itu, kata dia, di atas nilai appraisal, yakni Rp6,5 juta/orang. Menurut dia, wacana ini belum final karena masih harus dikaji kembali.

“Pertimbangan rencana kenaikan tunjangan perumahan itu cukup banyak, seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), asas kepatutan dan kewajaran, indeks harga kebutuhan pokok, dan pertimbangan efek terhadap daerah lain di Soloraya,” terang Teguh.

Di sisi lain, Teguh juga mempertimbangkan aspek peningkatan pendapatan anggota DPRD sebagai dampak atas terbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 53/PMK.02/2014.

PMK tersebut mengakibatkan uang saku yang diterima para wakil rakyat saat melakukan perjalanan dinas turun sampai 70% bila dibandingkan pada uang saku perjalanan dinas pada tahun ini dan tahun sebelumnya.

Sekretaris DPRD Solo, Tri Puguh Priyadi, mengaku belum bisa berbicara banyak tentang rencana tunjangan perumahan para wakil rakyat di tahun depan. 

Terpisah, Kabag Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Solo, Kinkin Sultanul Hakim, menerangkan appraisal yang berkaitan dengan naiknya tunjangan perumahan para legislator itu sudah dilakukan. Namun, Kinkin tak mengetahui detail hasil appraisal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya