SOLOPOS.COM - Minum air putih (Huffingtonpost)

Lokasi yang sudah dipasang instalasi air siap minum di depan Hotel Inna Garuda dan depan Kantor Gubernur DIY (Keptihan).

Harianjogja.com, JOGJA-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Jogja sudah siap memasang instalasi air siap minum gratis di kawasan Malioboro. Namun pemasangan itu harus menunggu revitalisasi Malioboro tahap satu selesai.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“Sudah siap tinggal kami launching, tapi launchingnya kemungkinan Desember karena revitalisasinya belum selesai,” kata Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Dwi Agus Triwidodo, saat dihubungi Minggu (20/11/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Dwi Agus mengatakan dua lokasi yang sudah dipasang instalasi air siap minum, yakni depan Hotel Inna Garuda dan depn Kantor Gubernur DIY (Keptihan). Kedua instalasi tersebut tinggal dipasang bok mesin penyaring air agar higienis dan siap dikonsumsi. Sementara airnya sisuplay dari PDAM.

Sebelum diresmikan nanti, kata Dwi Agus, terlebih dahulu akan dilakukan uji laboratorium. Keberadaan instalasi air siap minum untuk publik yang sudah ada di Kota Jogja sejauh ini baru ada di beberapa tempat di antaranya di pasar seni dan kerajinan XT-Square, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty), kantor PDAM, dan kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja.

Dwi Agus mengatakan kedepan pihaknya akan terus memperbanyak layanan air siap minum gratis, terutama di lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Rencananya di kawasan Malioboro pun akan ditambah dua box lagi sehingga menjadi empat namun masih menunggu revitalisasi tahap dua.

“Sekrang anggarannya untuk dua instalasi dulu di Malioboro totalnya Rp200 juta,” kata dia. Dwi Agus menambahkan, untuk perawatan tiap instalasi air siap minum, pihaknya sudah menyiapkan lima orang untuk memantau secara berkala. Selain untuk perawatan, penjagaan tersebut agar air siap minum gratis itu tidak disalahgunakan.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan sumber Daya Mineral (PUP-ESDM), Muhammad Mansyur memastikan revitalisasi Malioboro tahap satu selesai sampai utara Pasar Bringharjo sebelum liburan malam pergantian tahun yang akan datang. “Targetnya sebelum liburan tahun baru sudah bisa dinikmati oleh wisatawan sebagai kawasan pedestrian,” kata Mansur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya