SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KREASI-Hasil kreasi Fasih. Foto: Avrilia

Ekspedisi Mudik 2024

[SPFM]Selama ini, aksesoris rumah terbuat dari kayu, rotan atau kain. Namun, ditangan Fasih Subagyo, aksesoris bisa dibuat dari bahan lain, vinyl atau kulit sintetis. Melalui nama Lilok Distro, Fasih berkreasi membuat berbagai pernak-pernik seperti tissue, wadah air mineral, tempat perhiasan dan jam tangan, hingga tempat kotak wadah cucian.

Fasih adalah guru di sebuah sebuah sekolah negeri di Solo. Dia memulai usaha ini setahun lalu. Dengan motto ‘Berbuat baik untuk hidup yang lebih baik’, Fasih terus menggeluti usaha sampingannya ini. Awal mulanya, kreasinya dipajang di rumahnya, yang sekaligus juga menjadi tempat usaha. Namun setelah mendaftarkan sebagai salah satu usaha kecil menengah di Dinas Koperasi dan UMKM Solo, kreasinya bisa dijumpai di Pasar Malam Ngarsopuro.

Selain itu, tiap hari Minggu pagi, Fasih juga menawarkan karyanya, di Sunday Market Kompleks Stadion Manahan. Promosi ini dinilai cukup efektif, karena dapat menjaring calon pelanggan. Tak hanya itu,  dia juga memanfaatkan Internet untuk memasarkan produknya secara online.

Fasih optimistis usahanya cukup menjanjikan karena sekarang keinginan orang untuk menata rumah secara tematik, terus bertambah. Konsep rumah modern minimalis, juga sejalan dengan karya berbahan vinyl, karena kulit sintetis dengan berbagai pilihan warna ini, mempunyai kesan elegan dan modern.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kreasi vinyl ini, menurut Fasih cukup mudah didapatkan di  Solo. Bahan bahan itu  antara lain yellow board,  kaca dan kain vinyl itu sendiri. Namun bahan baku ini memang banyak dipasok dari wilayah Yogyakarta, seperti daerah Kota Gede dan Malioboro. Perajin yang membantu Fasih menciptakan karyanya, juga kebanyakan berasal dari daerah Yogyakarta, seperti Bantul. Perajin dari kawasan itu dikenal memiliki kemampuan berkreasi dengan bahan kulit.

Harga dari karya Fasih cukup beragam, sesuai dengan tingkat kesulitan, dan volume barang. Dengan merambah system berdagang online, kini Fasih juga mulai menerima pesanan dari sejumlah daerah di Indonesia. Menurutnya, jumlah pesanan akan meningkat saat momen Lebaran, dan Natal. Kreasi bahan vinyl ini, biasanya dimanfaatkan sebagai parcel. Untuk mengantisipasi membuldaknya pesanan, Fasih menambah tenaga perajin, agar dapat memenuhi permintaan pelanggannya. Untuk pemesanan dalam kota, Fasih juga bersedia mengantarkannya, sebagai bentuk pelayanannya kepada konsumen. [SPFM/lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya