FASHION SHOW : Busana Muslim Miracle of the Sun, Karya Apik Siswa SMK Kudus

 3 Menter menghadiri pembukaan IFW 2015, Kamis (26/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

SOLOPOS.COM - 3 Menter menghadiri pembukaan IFW 2015, Kamis (26/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Fashion Show ini memperkenalkan busana muslim rancangan siswa SMK di Kudus.

Solopos.com, SOLO — Busana muslim kreasi siswa SMK di Kudus dipamerkan di ajang Indonesia Fashion Week 2015. Keindahan pemandangan saat matahari terbit dan tenggelam menjadi inspirasi karya.

Perhelatan adibusana Indonesia Fashion Week 2015 yang digelar 26 Februari-1 Maret lalu, bisa pula ditembus para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama (NU) Banat, Kudus, Jawa Tengah.

Para siswa SMK NU Banat itu menggelar aneka kreasi busana muslim yang tak kalah apik dan layak bersaing dengan para desainer Nusantara lainnya.

Mereka mengangkat tema Miracle of The Sun, terinspirasi dari keindahan alam yang terlihat dalam perjalanan menuju Kota Kudus, mulai pagi hingga petang hari.

Suasana yang menampakkan perjalanan matahari sejak terbit hingga tenggelamnya ditampilkan melalui perpaduan warna-warna menakjubkan. Ada pendar kuning bagai pagi hari yang cerah, abu-abu, beige, serta warna hitam ketika hari berganti malam.

Seluruh rancangan yang berjumlah 45 koleksi bergaya syar’i menutupi tubuh, elegan, dan berdaya pakai tinggi sebagai busana yang dapat dipadupadankan.

Garis desain bersiluet A dengan layering dan apron, yang mudah dibongkar pasang. Detail busana mengedepankan cutting asimetris tanpa emblishment yang rumit. Hasilnya terlihat lebih bersahaja sesuai kaidah.

Unsur bordir dan batik Kudus ditambahkan sebagai aksen pemanis, yang menandakan koleksi busana ini tetap memperhatikan kekayaan lokal. Aksesori handmade menambah lengkap keseluruhan tampilan dari koleksi tersebut.

Irna Mutiara, desainer kondang yang membimbing para siswa, menuturkan perlehatan busana tingkat nasional dan internasional seperti Indonesia Fashion Week merupakan sebuah langkah progresif bagi para siswa.

Ajang IFW sekaligus merupakan awal baik untuk memperlihatkan kemampuan dan talenta siswa SMK kepada dunia tentang kemampuan siswa-siswa SMK dalam membuat busana muslim, patut diperhitungkan. ”Sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia serta kaya warisan budaya di bidang busana, Indonesia memiliki keunggulan untuk menjadi kiblat busana muslim dunia,” kata Irna.

Dia menuturkan potensi industri kreatif busana muslim di Indonesia cukup besar. Bahkan, untuk mewujudkan cita-cita sebagai kiblat busana muslim dunia, Djarum Foundation berkolaborasi dengan Irna Mutiara dan Bank BNI, mengembangkan program tata busana di SMK. Salah satunya SMK Nahdlatul Ulama Banat.

Kegiatan mewujudkan cita-cita melalui sekolah menengah, antara lain berupa pengembangan kurikulum busana muslim, pelatihan guru, serta bantuan infrastruktur pendidikan.

Selain mencetak tenaga terampil yang mahir secara teknik, para siswa juga dibekali kemampuan mengembangkan tren busana muslim yang sesuai syariah. Tentu saja, dengan memadukan unsur warisan budaya, seperti batik dan bordir, pada setiap balutan rancangannya.

Para siswa dikenalkan pada desain dan teknik membatik, khususnya Batik Kudus. Batik Kudus memiliki ragam motif yang unik. Hal ini disebabkan pengaruh budaya Tiongkok, Arab, dan Jawa yang melebur dalam satu maha karya multi kultur.

”Busana muslim dari atas ke bawah itu banyak sekali yang bisa dikembangkan. Mulai dari kerudung, busana, dan aksesori semuanya bisa berkembang dan menjadi industri masyarakat. Oleh karena itu, program peningkatan mutu SMK jurusan Tata Busana diselaraskan dengan proses produksi busana muslim,” ujar Irna.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Hiii... Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

Warga sekitar Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo, Telukan, Sukoharjo, masih merasakan aura wingit dari tragedi pembantaian PKI 1965 lalu.

Alhamdulillah...Tak Ada Lagi PPKM Level 4 di Jawa dan Bali

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan akan dilakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Pemkot-Keraton Solo Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 Sasar Abdi Dalem, Pelajar, dan Umum

Pemkot bekerja sama dengan Keraton Solo membuka sentra vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kalangan abdi dalem, pelajar, dan umum.

Antusias Warga Mengikuti Vaksin Covid-19 di Pagelaran Keraton Solo

Menyediakan 15.000 dosis untuk vaksin dosis pertama

Gibran Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lansia di Desa Bendo Boyolali Antusias Ikut Vaksinasi

Lansia di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di desa setempat.

Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

Air Sungai Bengawan Solo di Sragen berwarna hitam pekat seperti oli dan berbau busuk akibat tercemar limbah.

Wali Kota Solo Pantau Pelaksanaan Seleksi CASN di Auditorium UNS

UNS Solo menjadi lokasi pelaksanaan tes SKD untuk 8 kabupaten/kota di Jawa Tengah

Sempat Protes Pakan Ternak Mahal, Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirimkan bantuan jagung untuk Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang aksinya sempat viral.

Parasnya Bikin Segar, Deretan Penjual Es Cendol Ini Viral

Penjual cendol cantik bukan hanya ada di Indonesia saja, melainkan juga di Vietnam.

Pria Mirip Didi Kempot yang Viral Ternyata Orang Boyolali, Jago Nyanyi Hlo!

Inilah sosok pria yang memiliki paras mirip seniman campursari asal Solo, Didi Kempot. Videonya sempat viral di Instagram beberapa hari lalu.

Dipuji Bank Dunia, Airlangga: Vaksinasi dan Taat Prokes Cara Menangani Pandemi

Menurut Airlangga, pemerintah juga menekankan agar vaksinasi Covid-19 dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).