SOLOPOS.COM - Penggawa Persis Solo diarak di jalanan Kota Solo usai lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia 2007 (setingkat kasta kedua) dengan status runner up Divisi I 2006. Sekitar 14 tahun berselang, Persis masih tertahan di kompetisi level kedua nasional. (Istimewa/Wahyu Tri Nugroho)

Solopos.com, SOLO — Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) atau yang saat ini dikenal dengan Persis Solo adalah klub legendaris di kancah bola nasional. Tujuh gelar perserikatan medio 1935-1943 menjadi sejarah membanggakan yang selalu dikenang pendukung Persis dan warga Solo pada umumnya.

Meski kini masih terjebak di kasta kedua, pecinta Persis yakin DNA juara klub bakal segera kembali. Pada peringatan hari jadi ke-97 Persis, Minggu (8/11/2020), pendukung Persis menggaungkan slogan Saatnya Bangkit San9 7uara untuk menjaga api optimisme.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Huruf “g” dan “j” sengaja diganti menjadi angka “9” dan “7” yang mewakili umur Laskar Sambernyawa saat ini. Mereka yakin Persis mampu bangkit dari himpitan problem di tengah ketidakjelasan kompetisi.

Agar Keuangan Keluarga Tetap Aman di Masa Pandemi,Lakukan 5 Hal Ini

Legenda Persis, Franz “Wewek” Setiabudi, mengatakan Persis adalah klub besar yang sudah terlalu lama tidur panjang. Wewek meminta skuad saat ini benar-benar meresapi sejarah panjang klub apabila ingin membangkitkan klub berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut.

“Persis bukan klub sembarangan, tujuh kali juara perserikatan. Harus ada upaya lebih dari pemain dan manajemen untuk membesarkan tim. Jangan belum apa-apa sudah ingin mencari keuntungan dari klub,” ujar pemain Persis medio 1964-1976 itu saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (9/11/2020).

Pembinaan Pemain Muda

Wewek mendorong semua stakeholder tim bergerak bersama apabila ingin melihat Persis segera tampil di Liga 1 jelang usianya yang hendak satu abad. Menurut Wewek, Persis yang telah sukses melalui cobaan dualisme beberapa tahun lalu mestinya bisa lebih solid dalam pengelolaan tim. Wewek juga mewanti-wanti Persis memperhatikan pembinaan pemain muda apabila ingin membentuk tim bagus dalam jangka panjang.

“Tahun depan Solo punya banyak lapangan bagus [setelah diperbaiki menyusul event Piala Dunia U-20 2021]. Ini mestinya bisa dioptimalkan Persis untuk serius dalam pembinaan,” ujar Wewek yang hingga kini masih rutin berlatih bola itu.

Gaskeun! Belanja di Warung Tetangga Diskon 25% Ada Undian Motor Juga Loh…

Sejumlah kelompok fans mulai dari Pasoepati Anak Colomadu (Ancol), Pasoepati Mboergadoel, Pasoepati Garis Keras, Pasoepati Klaten, Srikandi Pasoepati hingga Pasoepati Batam menggelar peringatan sederhana untuk mendoakan Persis agar segera promosi ke Liga 1.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tak ketinggalan membagikan video berisi ucapan selamat pada Persis Solo dan para pendukungnya. “Persis adalah salah satu tim legendaris di Indonesia, salah satu pendiri PSSI. Selamat hari jadi ke-97, bikin Solo bangga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya