Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta Kirim Mahasiswa PPL ke 23 Sekolah

IIM Surakarta, Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa

 Pembekalan kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta oleh Rektor Dr. H. Muh Kurniwan BW, S.Ag., S.H., M.H., C.L.A. dan beberapa pemateri pada 2 Agustus 2022. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pembekalan kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta oleh Rektor Dr. H. Muh Kurniwan BW, S.Ag., S.H., M.H., C.L.A. dan beberapa pemateri pada 2 Agustus 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Program Studi PAI dan PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta mengirim mahasiswa ke 23 sekolah di Solo dan sekitarnya untuk praktik pengalaman lapangan (PPL). Kegiatan tersebut untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru dan administrator pendidikan.

Sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan PPL ini adalah terbentuknya calon guru yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta tingkah laku yang diperlukan oleh guru dan administrator pendidikan. Selain itu cakap dan mampu menerapkannya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pelaksanaan PPL ini dialokasikan pada jeda semester VIII yaitu Agustus 2022-10 September 2022 dengan harapan mahasiswa lebih optimal melaksanakan kegiatan PPL. Adapun tema yang diangkat yaitu Pengembangan Kompetensi dan Reaktualisasi Keilmuan melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Baca Juga: Tragedi Kebakaran RSJD Solo Renggut 2 Nyawa, Polisi Periksa 5 Saksi

Kegiatan PPL ini diawali dengan pembekalan oleh Rektor IIM Surakarta Dr. H. Muh Kurniwan BW, S.Ag., S.H., M.H., C.L.A. dan beberapa pemateri dari dosen dan tenaga ahli lainnya pada 2 Agustus 2022.

“Kami berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk mengawali kegiatan pembelajaran di sekolah tempat praktik dengan mendoakan semua siswa agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam menerima materi yang akan diajarkan,” kata Muh Kurniawan dalam sambutannya seperti dalam rilis kepada Solopos.com, Jumat (5/8/2022).

“Mendoakan siswa sebelum melaksanakan pembelajaran merupakan salah satu wujud kompetensi spiritual yang wajib dimiliki oleh guru selain empat kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian,” lanjutnya.

Baca Juga: Kian Pedas Kian Histeris, Uji Nyali Makan Sambal Tuan Kulit Putih

Rangkaian kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah IIM Suarakarta berikutnya adalah penyerahan mahasiswa praktik ke 23 lembaga mitra di wilayah Solo dan sekitarnya. Acara berlangsung empat hari yaitu 3-6 Agustus 2022.

Adapun lembaga mitra tempat praktik tersebut adalah SMA Islam 1 Surakarta, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA Jajar Islamic Center Surakarta, MAN 1 Surakarta, MAN 2 Surakarta, dan SMA Al Firdaus Surakarta.

Kemudian MA Al Islam Surakarta, SMK Muhammadiyah 4 Surakarta, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, SMP Al Irsyad Surakarta, SMP Al Islam Surakarta, dan MTSN 2 Surakarta.

Baca Juga: Tengkleng Solo: Dulu Makanan Sampingan, Kini Jadi Menu Berkelas

Selanjutnya  MTs Al Islam Surakarta, MI Takmirul Islam Surakarta, MI Al Islam Jamsaren Surakarta, Pondok MTA Karanganyar, Madrasah Qur’aniyah Husnayain Surakarta, SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo, SMA Karya Dharma Veteran Sambi, dan MTs N 2 Wonogiri.

Dekan Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta Dra. Hj. Nur Hidayah M.S.i saat penyerahan mahasiswa di MTsN 2 Surakarta, Rabu (3/8), mengatakan mahasiswa harus mendapatkan pengalaman di lapangan agar mampu menghadapi tugas-tugas profesional dengan baik.

Sementara Wakil Rektor II IIM Surakarta Edy Muslimin, M.S.i saat penyerahan di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta dan SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, menyatakan mahasiswa selain harus memiliki 4 kompetensi guru juga harus mempunyai kompetensi spiritual.

Baca Juga: AIESEC in UNS Adakan Future Talk, Bahas Masalah Ini

“Mahasiswa selalu menunjukkan pribadi yang rahmatan lil alamin di manapun berada sesuai dengan visi IIM Surakarta,” tuturnya.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Kunjungi Ferdy Sambo di Mako Brimob, Putri Candrawathi Sampaikan Ini

    Putri Candrawathi sempat menyampaikan sesuatu kepada wartawan saat datang ke Mako Brimob di Kelapa Dua Depok untuk menjenguk suaminya pada Minggu (7/8/2022).

    Putri Candrawathi Belum Diizinkan Jenguk Ferdy Sambo di Mako Brimob

    Istri mantan Kadiv Propam Polri, Putri Candrawathi dan keluarga belum diizinkan menjenguk Irjen Pol Ferdy Sambo di Mako Brimob pada Minggu (7/8/2022).

    Muncul di Mako Brimob, Istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi Menangis

    Istri mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi, datang ke Mako Brimob di Kelapa Dua Depok pada Minggu (7/8/2022).

    Bharada E Akan Jadi Justice Collaborator Kasus Brigadir J, Ini Maknanya

    Apa itu justice collaborator yang akan diajukan Bharada E pada kasus pembunuhan Brigadir J.

    Sopir dan Ajudan Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo Ditahan

    Ditipidum Bareskrim Polri menahan dua orang terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo.

    Heboh Kabar Penembakan di Rumah Dinas Kabareskrim, Begini Faktanya

    Begini fakta tentang kabar penembakan di rumah dinas Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto.

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Sejarah Hari Ini: 7 Agustus, Ledakan Bom Truk di Kedubes AS

    Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 7 Agustus.

    Biografi Moh Hatta: Wakil Presiden Pertama RI yang Mundur dari Jabatan

    Berikut ini Solopos.com rangkumkan biografi Moh Hatta yang dilansir dari berbagai sumber.

    Kisah 2 Mahasiswa UKSW Juliette-Christian Jadi Duta Genre Kota Salatiga

    Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Kota Salatiga, Jawa Tengah, Juliette Heuvel Harlapan dan Christian Wolter William Tambani menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) 2022.

    Sudah Ditangkap, Ferdy Sambo Belum Jadi Tersangka Kasus Brigadir J

    Ferdy Sambo belum ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan ajudannya Brigadir J.

    Teks Proklamasi: Isi, Sejarah Singkat & Perbedaan Naskah Klad-Otentik

    Teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno didampingi Mohammad Hatta di serambi depan rumah Soekarno, Jl. Pengangsaan Timur No.56 Jakarta pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB.

    Copot CCTV di TKP Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Terancam Pidana?

    Mafud MD menyebut tindakan Ferdy Sambo mencopot CCTV di rumah dinasnya yang menjadi TKP pembunuhan Brigadir J terancam pidana.

    Biografi Soekarno, Masa Kecil Sakit-sakitan hingga Menjadi Proklamator

    Berikut ini biografi Soekarno, Bapak Proklamator Indonesia yang juga Presiden pertama Republik Indonesia.

    Bharada E Mau Jadi Justice Collaborator Kasus Pembunuhan Brigadir J

    Bharada E setuju menjadi justice collaborator dalam kasus pembunuhan Brigadir J.