Zozibini Tunzi dimahkotai sebagai Miss Universe 2019, Senin (9/12/2019). (Reuters/Elijah Nouvelage)

Solopos.com, ATLANTA – Kemenangan Zozibini Tunzi di ajang Miss Universe 2019 mematahkan stereotip tentang wanita cantik yang dipandang harus berkulit putih. Faktanya, dia yang berkulit gelap bisa menyandang gelar Ratu Sejagat.

Zozibini Tunzi yang mewakili Afrika Selatan dinobatkan sebagai Miss Universe 2019 dalam grand final yang digelar di Tyler Perry Studios Atlanta, Amerika Serikat, Senin (9/12/2019) pagi WIB. Dia menjadi wanita pertama yang mengenakan mahkota kemenangan Power of Unity Crown yang baru.

Wanita berusia 26 tahun itu dimahkotai oleh Miss Universe 2018, Catriona Gray, di panggung Miss Universe 2019. Wajah Zozibini Tunzi begitu semringah saat sang pembawa acara, Steve Harvey, mengumumkan Afrika Selatan menjadi pemenang kontes kecantikan paling bergengsi itu.

Keren! Wanita Kulit Hitam Afrika Selatan Menang Miss Universe 2019

Zozibini Tunzi menjadi wakil Afrika Selatan ketiga yang menyabet gelar Miss Universe. Dia juga menjadi wanita kulit hitam kelima yang menyabet gelar bergengsi itu setelah Leila Lopes pada 2011 lalu.

Zozibini Tunzi lahir di Tsolo, Eastern Cape, Afrika Selatan, 18 September 1993. Sebelum menjadi kontestan Miss Universe 2019, dia sempat mengikuti ajang Miss Afrika Selatan 2017 yang hanya berhasil sampai 26 besar.

Tak patah arang, Zozibini Tunzi mengikuti ajang yang sama dan berhasil menjadi pemenang pada Agustus 2019. Sebelum mengikuti kontes tersebut, dia berkarier sebagai model. Dia juga kerap terlibat dalam kegiatan sosial melawan kekerasan terhadap perempuan. Dia sering berbicara tentang pentingnya kaum wanita mencintai dirinya sendiri.

Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull Cetak Sejarah di Miss Universe 2019

Zozibini Tunzi merupakan lulusan Cape Peninsula University of Technology yang mengambil jurusan hubungan masyarakat. Dia merupakan wanita keturunan Afrika Selatan asli yang berkulit gelap. Penampilannya di panggung Miss Universe 2019 sangat mencuri perhatian dengan model rambutnya yang cepak.

Dia memberikan pidato singkat yang menggugah kepercayaan diri di akhir babak top 3 Miss Universe 2019. Dia dengan lantang menyerukan kepada wanita berkulit gelap sepertinya untuk tetap percaya diri. Sebab, kecantikan semestinya bukan hanya dilihat dari penampilan fisik semata, tetapi juga pikiran.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten