Fakta Unik Ozie Si Pemeran Bu Tejo yang Julid di Film Tilik
Karakter Bu Tejo di film Tilik yang diperankan Siti Fauziah. (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Nama Siti Fauziah Saekhoni atau akrab disapa Ozie mendadak viral berkat aktingnya sebagai Bu Tejo di film Tilik. Lantas siapakah sosok aktor yang memerankan karakter perempuan nyinyir dan julid itu?

Dikutip dari Suara.com, Minggu (23/8/2020), Siti Fauziah Saekhoni adalah wanita kelahiran Blitar, Jawa Timur, 19 Desember 1988. Dia menetap di Jogja sejak remaaja dan sempat kuliah di jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dia aktif di dunia teater sejak kuliah, sekitar 2007 sampai sekarang. Sebelum viral sebagai pemeran Bu Tejo, Ozie pernah bermain di film layar lebar.

Berburu Buku Langka di Pasar Buku Bekas Alun-Alun Utara Solo yang Kian Lesu  

Ibu satu anak ini sempat membintangi film Talak 3, Sultan Agung, Mekah I'm Coming, dan Bumi Manusia. Dia juga kerap membintangi sejumlah film pendek seperti Unbaedah dan sederet pementasan teater.

Dalam perannya, Ozie yang dikenal sebagai Bu Tejo kerap menghidupkaan karakter perempuan nyinyir dan judes lidah alias julid. Peran itu diperoleh lantaran totalitasnya dalam berakting.

Dalam talkshow yang disiarkan TV One, Jumat (21/8/2020) malam, Ozie menjelaskan jika karakternya sebagai pribadi dengan Bu Tejo sangat jauh berbeda. Namun dia memang terbiasa berakting sejak aktif di teater kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 2007.

Keluarga Suranto Korban Pembunuhan di Baki Sukoharjo Dikenal Ramah ke Tetangga

Film Tilik

Sampai saat ini wanita kelahiran Blitar, Jawa Timur, itu aktif dalam Forum Aktor Yogyakarta (FAY). Dia pun mengaku selalu total mendalami setiap karakter yang dibawakan. Tak heran aktingnya sebagai Bu Tejo terlihat begitu natural.

"Kuncinya itu rileks dulu. Karena menurutku semua orang itu punya sisi model kayak Bu Tejo lah sebenernya," terang dia seperti dikutip dari Detik.com.

Dikutip dari Liptan6.com, film Tilik yang dibintangi Ozie sebagai Bu Tejo menjadi official selection di dua festival film internasional. Antara lain Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dan selanjutnya masuk di World Cinema Amsterdam 2019.

Tilik juga menjadi pemenang salah satu ajang penghargaan bergengsi di Indonesia, Piala Maya 2018 untuk kategori Film Pendek.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom