Kategori: Jateng

FAKTA SEMARANG : Inilah 9 Fakta Menarik Kota Semarang


Solopos.com/Insetyonoto/JIBI/kanalsemarang

Fakta-fakta Semarang ini perlu Anda diketahui.

Kanalsemarang.com. SEMARANG-Kota Semarang ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang belum tentu dimiliki di kota lainnya di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun kanalsemarang dari berbagai sumber inilah fakta-fakta menarik Kota Semarang:

1. Kota Semarang pada abad VIII pernah menjadi pelabuhan utama Kerajaan Mataram Kuno yang disebut dengan nama Pragota. Pelabuhan ini menjadi titik mula pelayaran para pelaut Mataram Kuno yang berlayar hingga ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar.

2. Kota Semarang pernah sebagai kota bandar yang banyak dikunjungi oleh kapal-kapal asing, sehingga menjadi melting pot, tempat di mana beragam budaya bertemu dan saling mempengaruhi satu sama lain. Salah satu bukti akulturasi yang terkenal dapat dilihat dari kulinernya seperti seperti lumpia, tahu pong, dan Soto Bangkong yang merupakan perpaduan kuliner Jawa dan Tiongkok.

3. Kota Semarang terbagi menjadi dua kawasan yang dikenal dengan nama Semarang atas dan Semarang bawah.
Semarang atas bebas dari rob dan banjir serta untuk tempat tinggal orang kaya, sedangkan Semarang bawah sering rob dan kebanjiran.

4. Kota Semarang menjadi salah satu daerah yang dilewati oleh jalan raya pos sepanjang 1.000 km yang membentang dari Anyer hingga Panarukan.

5.Kota Semarang terdapat Gereja Blenduk merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada 1753.

6. Kota Semarang terdapat PT. Jamu Jago merupakan perusahaan jamu atau obat tradisional pertama di Indonesia yang dikelola secara profesional yang berdiri sejak 1918 dan masih bertahan sampai sekarang.

7. Kota Semarang terdapat museum Jamu Nyonya Meneer yang merupakan museum jamu pertama dan satu-satunya di Indonesia diresmikan pada 18 Januari 1984 oleh Ibu Tien Soeharto.
Di museum ini wisatawan dapat menyaksikan koleksi benda probadi Nyonya Meneer dan proses pembuatan jamu.

8. Kota Semarang terdapat Museum Rekor Indonesia (Muri) pimpinan Jaya Suprana. Museum yang terletak satu kompleks dengan pabrik Jamu Jago di Jl. Setyabudi ini menyimpan dokumentasi rekor-rekor yang pernah dipecahkan di Indonesia.

9. Kota Semarang terdapat Patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10,7 meter berdiri di depan Klenteng Sam Poo Kong di Gedungbatu. Patung ini merupakan patung Cheng Ho tertinggi di Asia Tenggara. Patung berbahan dasar perunggu ini dibuat di Tiongkok.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati