Purnama harvest moon di Inggris (Mirror.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Harvest moon atau bulan purnama langka menghiasi langit Indonesia, Sabtu (14/9/2019) malam. Fenomena alam ini muncul menjelang titik balik musim gugur.

Fenomena alam langka berupa harvest moon atau yang dikenal dengan micro moon ini terlihat jelas di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sebenarnya, harvest moon tidak jauh berbeda dengan bulan purnama yang muncul sepanjang tahun.

Kata harvest disematkan karena bulan purnama ini muncul menjelang titik balik musim gugur. Di Amerika Utara, harvest moon muncul pada Jumat (13/9/2019). Namun, di belahan Bumi lainnya fenomena alam langka ini terjadi, Sabtu malam.

Lantas, apa istimewanya harvest moon? Dihimpun dari berbagai sumber, harvest moon biasanya terbit lebih awal beberapa menit setelah matahari terbenam. Biasanya, harvest moon muncul 25-30 menit setelah matahari terbenam di ufuk barat. Durasi ini jauh lebih cepat ketimbang bulan purnama yang muncul 50 menit setelah matahari tenggelam.

Harvest moon pada 2019 ini sangat istimewa. Sebab, fenomena alam langka ini diprediksi bisa disaksikan kembali pada 2049. Bulan purnama kali ini disebut dengan micro moon atau mini moon karena ukurannya tak sebesar dari sebelumnya.

Hal itu terjadi karena orbit Bulan dan Bumi tidak sempurna. Jadi, Bulan berada di titik terjauh dari Bumi. Tapi, tetap saja harvest moon kali ini memancarkan warna oranye yang lebih terang dibandingkan purnama lainnya.

Berdasarkan laporan Space, harvest moon kali ini bergerak lebih lambat. Jadi, bisa dinikmati lebih lama di langit karena lintasannya berada di titik terjauh dari orbit Bumi. Sebagai informasi, jarak rata-rata Bulan ke Bumi adalah 384.000 kilometer. Saat terjadi purnama micro moon, jarak Bulan ke Bumi sekitar 400.000 kilometer.

Micro moon adalah kebalikan dari fenomena alam super moon. Yaitu purnama yang terjadi ketika Bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi. Sebagian orang meyakini harvest moon sebagai tanda datangnya keberuntungan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten