SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (tengah) bersama para petani (istimewa/Kementan)

Solopos.com, JAKARTA— Ekonom Senior dari Universitas Indonesia, Faisal Basri mengungkapkan bahwa pertanian Indonesia berdasarkan penilaian global food security index 2020 posisinya jauh lebih baik dari negara lain seperti Afrika Selatan, Filipina, maupun Kamboja.

Tiga negara diatas, kata Faisal mampu dilewati Indonesia mengingat index affordability, availability dan natural resources and resiliencenya terus diperbaiki dengan berbagai kebijakan dan program peningkatan produksi. Tercatat, saat ini Indonesia menempati rengking 65 dari total 113 negara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari segi affordability kita relatif bagus karena skornya 73,5. Lalu ada availability yang rangkingnya lebih baik dari rengking keseluruhan, yaitu 48 dengan skor 64,7. Tapi kita harus memperhatikan quality and safety karena kita berada di posisi 85 dengan skor 49,6,” ujar Faisal dalam diskusi Reformulasi Kebijakan Perberasan, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: Hasil RUPS PLN, Ardan Adiperdana Diangkat Jadi Komisaris PLN

Ekspedisi Mudik 2024

Disisi lain, Indonesia juga dinilai harus memperbaiki natural resources and resilience yang masih berada di urutan 109 dari total 113 negara dengan skor 34,3. Tapi, lanjut Faisal, posisi dan skor diatas lagi-lagi mengalami perbaikan karena sebelumnya Indonesia berada di posisi paling buncit, yakni berada di 113 dengan skor 34,1.

“Oleh karena itu pertanian khusus beras sangat bergantung pada kebijakan ramah lingkungan yang membutuhkan payung kuat serta mendapat dukungan dari sektor lain. Misalnya untuk quality and safety yang terkait dengan diversifikasi pangan lokal, kalau mau diperbaiki maka kita harus ikut dalam gerakan pangan lokal lestari,” katanya.

Meski demikian, menurut Faisal, Indonesia harus bersyukur karena berdasarkan hitung-hitungannya, produksi padi pada tahun ini diperkirakan mengalami surplus yang cukup besar. Terlebih dengan adanya kebijakan pemerintah yang mendukung peningkatan padi.

Baca Juga: Simpan 8.800 Ton, Bulog Surakarta Jamin Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan Ke Depan

“Saya punya keyakinan yang cukup tinggi bahwa bulan puasa ini harga pangan akan stabil dan kebutuhan cukup. Harga beras Indonesia stabil dibanding harga beras internasional. Bahkan barangkali level kita ke depan adalah memberi beras kepada mereka yang kelaparan di seluruh dunia,” katanya.

Karena itu, Faisal menambahkan, Indonesia tidak perlu impor sebab panen raya padi terus berlangsung di semua daerah. Ia berharap, kebijakan impor tidak mengulang kesalahan pada 2008, 2011, dan 2016, di mana terjadi impor beras dan menjerat petani dengan tali kawat.

“Ke depan kuncinya hanya 1, yaitu peningkatan produktivitas. Saya bersyukur karena 2 tahun terakhir ada perbaikan, di mana tahun ini, petani semakin sejahtera, NTP naik terus, ekspor naik signifikan,” ujarnya.

Baca Juga: Tips Berinvestasi Dan Cara Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

Apresiasi kepada Mentan

Guru Besar Fakultas Pertanian UGM, Masyuri mengapresiasi uapaya jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo yang telah mencatat angka luar biasa, terutama dalam kebijakan produksi dalam negeri.

“Saya mengapresiasi menteri pertanian atas berbagai kebijakan peningkatan produksi pangan nasional. Ke depan kebijakan food estate bisa dimanfaatkan untuk menambah daya gedor produksi nasional,” katanya.

Masyuri menambahkan, selama ini penggilingan padi kecil kerap kali menjadi korban atas kebijakan impor yang dinilai sudah keterlaluan karena berpengaruh terhadap harga eceran dan memiliki dampak terhadap merosotnya ekonomi petani.

“Kebijakan impor itu, yang paling menderita adalah penggilingan kecil. Kemudian harga eceran tinggi diatur kemendag. Inilah yang membuat banyak orang menderita,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya