SOLOPOS.COM - Ilustrasi Downvote. (Istimewa/fpttele.com)

Downvote adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna dalam suatu komunitas saat melihat unggahan atau komentar pengguna lain yang dianggap tidak bagus.

Solopos.com, NEW YORK – Facebook menguji tombol “downvote” dengan beberapa pengguna, hanya tersedia dalam jumlah terbatas untuk jenis postingan tertentu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyebaran tombol downvote, bahkan dalam skala terbatas, muncul setelah bertahun-tahun beredar rumor tentang tombol “tidak suka”.

Downvote adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna dalam suatu komunitas saat melihat unggahan atau komentar pengguna lain yang dianggap tidak bagus, atau dengan kata lain tidak mendukung atau tidak menyetujui unggahan atau komentar pengguna lain.

Reddit, situs yang terkenal karena penggunaan tombol positif dan negatif, telah menunjukkan hasil yang beragam dari studi dimana downvote disembunyikan dari pengguna lain.

Sejumlah komunitas memilih untuk mematikan fitur tersebut untuk mencegah downvoting massal(disebut brigade) untuk konten yang kontroversial.

Dalam sebuah pernyataan kepada Gizmodo, Facebook menggambarkan uji coba tersebut berbeda dari anggapan bahwa tindakan downvote merupakan cara lain mewujudkan tombol “tidak suka.”

“Kami tidak menguji tombol “tidak suka.” Kami mengeksplorasi fitur bagi orang-orang untuk memberi kami umpan balik tentang komentar di halaman publik,” tulis juru bicara Facebook.

“Ini hanya berjalan untuk sekelompok kecil orang di Amerika Serikat,” lanjut Facebook.

Lebih lanjut, Facebook menjelaskan bahwa posting halaman publik dimana uji coba, yang saat ini berjalan untuk sekitar lima persen pengguna Android tersebut, tidak memengaruhi peringkat, dan jumlah downvote tidak ditampilkan, demikian Gizmodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya