Facebook jadi alat pendataan Pilpres

BEIJING: Agaknya teknologi facebook tak hanya berguna untuk berjejaring sosial. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing  kini menggunakan situs pertemanan maya itu untuk mengundang masyarakat Indonesia yang ingin masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Presiden.

"Kami juga memanfaatkan facebook dalam mengumumkan pendaftaran DPS kepada masyarakat Indonesia usia pemilih yang ingin ikut pilpres dan cawapres, selain menggunakan email dan layanan pesan singkat (SMS) ," kata Ketua PPLN Beijing Krishna Adi Poetranto di Beijing, Senin (18/5).

Dipilihnya facebook untuk mengumumkan pendaftaran DPS dilakukan mengingat umumnya masyarakat Indonesia yang ada di China sebagian besar adalah mahasiswa dan sudah memiliki fasilitas jejaring sosial maya itu.

Dia mengatakan, selain menggunakan facebook, masyarakat Indonesia yang menetap di China dan namanya belum masuk DPS bisa segera mendaftarkan ke laman "ppdp@pplnbeijing.org" atau datang langsung ke PPLN Beijing yang berkantor di KBRI Beijing.

PPLN Beijing, katanya, sampai 23 Mei 2009 masih membuka pendaftaran tahap kedua kepada masyarakat Indonesia yang namanya belum masuk dalam DPS untuk bisa masuk dalam DPS melalui email. Sesuai ketentuan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Luar Negeri (PLN), tanggal 25 Mei menjadi batas akhir penyerahan atau penetapan DPT oleh PPLN, sementara pada 28 Mei adalah pengumuman DPT secara nasional. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom