SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull, Mark Webber (kiri), mengangkat trofi juara kedua disamping rekan setimnya, Sebastian Vettel (kanan), yang meraih podium pertama pada F-1 GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (24/3/2013) sore WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap Red Bull, Mark Webber (kiri), mengangkat trofi juara kedua disamping rekan setimnya, Sebastian Vettel (kanan), yang meraih podium pertama pada F-1 GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (24/3/2013) sore WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SEPANG—Duo Red Bull, Sebastian Vettel dan Mark Webber mampu merajai Grand Prix (GP) Formula One (F1) Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (24/3). Namun kemenangan itu justru menyisakan kontroversi dan berpotensi menyebabkan hubungan kedua pembalap bersitegang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vettel mungkin akan dicap sebagai pembalap egois setelah GP Malaysia ini. Demi menaiki podium utama di Sepang, Vettel sampai nekad melakukan aksi yang membahayakan dirinya maupun rekan setimnya itu.

Vettel yang memegang pole di Sepang terlihat kalah bersaing dengan Webber. Meski Webber hampir memimpin sepanjang balapan seri kedua F1 musim 2013 ini. Barulah menjelang akhir balapan, Vettel yang berada di urutan kedua bersikeras menyalip rekan setimnya itu. Saat itu, ban mobil yang dikendarai Vettel bahkan nyaris bersentuhan dengan ban mobil milik Webber.

Tim Red Bull sebenarnya sudah memberi peringatan keras kepada Vettel melalui radio atas aksi membahayakan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan itu. Namun intruksi itu rupanya tidak digubris sang pembalap berdarah Jerman tersebut. Vettel yang tetap bersikukuh akhirnya berhasil finis terdepan dengan unggul 4,298 detik di depan Webber yang finis kedua.

“Setelah pit stop terakhir, tim mengatakan kepadaku kalau balapan hampir berakhir [dengan keunggulan dirinya] dan kami kembali mendinginkan mesin untuk menuju garis akhir,” beber Webber seperti dilansir Autosport.

“Saya ingin balapan dengan bagus, namun di akhir tim membuat keputusan yang selalu kami katakan sebelum start: kami harus menjaga terus ban dan terus melajukan mobil hingga akhir. [Tapi] di akhir, Seb [Sebastian Vettel] membuat keputusan sendiri dan akan selalu terproteksi seperti biasanya dan itu lah yang terjadi,” keluhnya.

“Mesinku mulai mendingin dan mulailah kecelakaan pada ban dan kemudian pertarungan terjadi. Saya kecewa dengan hasil balapan hari ini,” jelas Webber.

Menyadari aksi yang dianggap ceroboh itu, Vettel meminta maaf kepada Webber. Ia berharap rekan setimnya itu bersedia memaafkan atas sikapnya tersebut di lintasan.

“Saya mendahului Mark, saya bisa lihat sekarang ini dia kecewa tentang itu namun saya harus jujur dan mempertahankan kebenaran dan minta maaf. Saya ambil risiko yang sangat besar saat menyalipnya dan saya harus bersikap lebih baik lagi,” urai Vettel.

Persaingan ketat pun terjadi antara dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Namun akhirnya, Hamilton yang berhasil menaiki podium ketiga di Sirkuit Sepang ini. Sedangkan mantan juara dunia, Fernando Alonso asal Ferrari tidak mampu finis karena mengalami insiden di lintasan.

Hasil Lengkap GP Malaysia
Pos Pebalap Tim Catatan Waktu

1. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault 56 laps 1hr 38m 56.681s
2. Mark Webber Australia Red Bull-Renault +00m 04.2s
3. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes +00m 12.1s
4. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 12.6s
5. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari +00m 25.6s
6. Romain Grosjean France Lotus-Renault +00m 35.5s
7. Kimi Raikkonen Finand Lotus-Renault +00m 48.4s
8. Nico Hulkenberg Germany Sauber-Ferrari +00m 53.0s
9. Sergio Perez Mexico McLaren-Mercedes +00m 72.3s
10. Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Ferrari +00m 87.1s
11. Valtteri Bottas Finland Williams-Renault +00m 88.6s
12. Esteban Gutierrez Spain Sauber-Ferrari +1 lap
13. Jules Bianchi France Marussia-Cosworth +1 lap
14. Charles Pic France Caterham-Renault +1 lap
15. Giedo van der Garde Holland Caterham-Renault +1 lap
16. Max Chilton Britain Marussia-Cosworth +2 laps
17. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +3 laps
18. Daniel Ricciardo Australia Toro Rosso-Ferrari +5 laps

Tidak Finis
Pastor Maldonado Venezuela Williams-Renault
Adrian Sutil Germany Force India-Mercedes
Paul di Resta Britain Force India-Mercedes
Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya