SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

F1 GP Austria 2015 digeber Minggu besok. Tapi Red Bull dan McLaren kena Penaltip. Ada apa?

Solopos.com, SPIELBERG— F1 GP Austria 2015, di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (21/6/2015), akan makin sulit dilakoni bagi Red Bull dan McLaren. Duo pembalap Red Bull, Daniil Kvyat dan Daniel Ricciardo, harus menerima hukuman penalti 10 grid karena melanggar aturan mesin. Sanksi itu diberikan karena Red Bull memakai mesin kelima yang berarti melebihi batas ketentuan F1 musim ini, yakni empat kali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami datang ke sini dengan semangat baru karena memakai sasis anyar. Kami tahu trek ini tak sesuai dengan kami, tapi kami berharap memperoleh akhir pekan yang bagus,” terang Ricciardo yang enggan menanggapi hukuman, dilansir Planet F1, Jumat (19/6/2015).

Di latihan bebas sesi pertama, Jumat, Red Bull menempatkan Kvyat dan Ricciardo di urutan keenam dan ketujuh. Akan tetapi, sebaik apa pun hasil balapan mereka di sesi kualifikasi, Sabtu (20/6/2015), bakal cukup menyulitkan kedua pembalap karena mereka terkena hukuman 10 grid.

Hal serupa juga dialami pembalap McLaren, Fernando Alonso. Alonso dihukum serupa karena menggunakan mesin kelima di GP Austria ini. Kenyataan tersebut kian mempersulit kondisi McLaren yang tampil buruk sepanjang musim ini. Apalagi Sirkuit Red Bull Ring tak cocok untuk diaspal mobil tim asal Inggris tersebut. Berdasarkan aturan F1, toleransi pergantian mesin hanya sampai empat kali.

Sementara itu, pembalap Mercedes, Nico Rosberg, mengawali GP Austria dengan hasil manis. Pembalap Formula One (F1) asal Jerman itu menjadi yang tercepat dalam latihan bebas sesi pertama dengan membukukan waktu paling cepat dengan 1 menit 10,401 detik.

Rosberg merebut hari pertama dengan hasil apik di tengah persoalan teknis yang membekap pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Selain itu, ia mengungguli sang rekan sekaligus pemenang GP Kanada lalu, Lewis Hamilton, yang harus puas di urutan kedua.

Hamilton sempat memimpin dengan torehan waktu terbaik sebelum Rosberg memperbaiki catatan dengan memaksimalkan kinerja mobil di sejumlah tikungan. Di belakang duo Mercedes ini, jagoan Ferrari, Kimi Raikkonen, menempel ketat di urutan ketiga. Pembalap asal Finlandia ini menorehkan waktu 1 menit 11,028 detik.

Sedangkan Vettel hanya mampu melahap empat lap lalu masuk garasi Ferrari lantaran mobil SF15-T mengalami masalah pada gearbox. Pembalap Williams, Valtteri Bottas, melanjutkan tren apik di GP Kanada dengan menduduki posisi keempat. Ia mengungguli pembalap Suaber, Felipe Nasr, yang melengkapi lima besar. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Pembalap Red Bull dan McLaren bersaing dalam sebuah balapan. Ist/Rtr

Pembalap Red Bull dan McLaren bersaing dalam sebuah balapan. Ist/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya