SOLOPOS.COM - Pembalap Lotus, Kimi Raikkonen. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, SALZBURG – Pembalap Lotus Renault, Kimi Raikkonen, harus mengakhiri musim balap Formula One (F1) 2013 secara prematur. Pembalap berjuluk Ice Man ini akan absen di dua seri terakhir karena memilih untuk menjalani operasi tulang punggung, pekan depan.

Raikkonen semula menjadi pusat pembicaraan karena keteganggannya dengan bos Lotus saat GP F1 di Abu Dhabi, pekan lalu. Meski demikian, ia dikabarkan tetap akan menyelesaikan balapan musim ini bersama Lotus dengan tampil di dua seri terakhir di Amerika Serikat dan Brazil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, hal ini tampaknya urung terjadi. Permasalahan yang dihadapi Raikkonen saat tampil di GP F1 Singapura, beberapa waktu lalu, yakni masalah punggung, memaksanya harus menyudahi adu kebut jet darat musim ini lebih cepat.

Raikkonen pun memutuskan dari pada melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk menghadapi balapan akhir pekan depan, ia lebih memilih terbang ke Salzburg, guna menjalani operasi tulang punggungnya, yang kembali kambuh.

Manajer Raikkonen, Steve Robertson, mengatakan bahwa musim Raikkonen di 2013 telah usai. Robertson menerangkan bahwa setelah operasi, Raikkonen harus menjalani pemulihan selama empat pekan.

Dengan hal ini, kebersamaan Raikkonen dengan Lotus berakhir lebih awal sejak di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. Pasalnya, musim depan Raikkonen telah berpindah ke tim Ferrari.

Robertson mengaku sebenarnya Raikkonen ingin menyelesaikan tanggung jawabnya dengan Lotus secara tuntas dengan melakukan balapan hingga akhir musim. Namun, jika hal itu dilakukan akan menggangu persiapannya dengan Ferarri, menghadapi musim 2014.

“Di dunia yang ideal akan menyenangkan menyelesaikan musim ini dengan Lotus dalam dua seri terakhir,” ujar Robertson kepada Autosport, Minggu (10/11/2013).

“Namun, karena rasa sakit yang cukup parah dimiliki Kimi, hal itu sayangnya tak mungkin dilakukan.”

Belum jelas apakah dengan absennya Raikkonen di dua seri terakhir akan berdampak dengan masalah gajinya di Lotus.

Lotus saat ini memiliki waktu tersisa beberapa hari untuk mencari pembalap pengganti Raikkonen. Mereka memiliki pilihan untuk mengangkat pembalap cadangan, Davide Valsecchi atau merekrut pembalap baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya