SOLOPOS.COM - Kiper Kroasia Dominik Livakovic merayakan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 seusai adu penalti melawan Brasil pada perempat final di Education City Stadium Doha, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Drama adu penalti meloloskan Kroasia ke semifinal Piala Dunia 2022. Kroasia mengatasi juara dunia lima kali Brasil 5-3 pada perempat final di Education City Stadium Doha, Jumat (9/12/2022) malam WIB.

Adu penalti harus dilakukan menyusul hasil imbang 1-1 pada extra time. Kedua tim sebelumnya bermain sama kuat 0-0 di waktu normal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Neymar sempat membawa Brasil unggul pada menit ke-105+1 lewat aksi two-one-two dari tengah lapangan sebelum melewati kiper Dominik Livakovic dan menyelesaikannya di depan gawang Kroasia.

Baca Juga: Extra Time 1-1, Kroasia vs Brasil Lanjut Adu Penalti

Kroasia membalas melalui pemain pengganti Bruno Petkovic pada menit ke-117. Menerima umpan Mislav Orsic, Petkoviv melepaskan tembakan dari tengah area penalti yang mengarah ke pojok kiri gawang.

Brasil mengurung pertahanan Kroasia setelah kebobolan untuk kembali memimpin pertandingan. Namun rapatnya pertahanan Kroasia membuat skor 1-1 bertahan hingga akhir.

Pada duel adu penalti, seluruh pemain Kroasia sukses melaksanakan tugasnya dengan baik, mulai dari Nikola Vlasic, Lovro Mejer, Luka Modric dan Mislav Orsic.

Baca Juga: Babak Kedua Berakhir 0-0, Kroasia vs Brasil Lanjut Extra Time

Sedangkan algojo Brasil hanya Casemiro dan Pedro yang berhasil. Penendang pertama Brasil Rodrygo dan algojo keempat Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

Kemenangan membuat Kroasia akan bertemu pemenang laga antara Belanda vs Argentina di semifinal. Kroasia sebelumnya mengalahkan Jepang di babak 16 besar juga lewat drama adu penalti 4-2.

Pada laga ini, Kroasia unggul tipis dalam penguasaan bola sebesar 50,4 persen, menurut catatan Transfermarkt. Namun Brasil unggul telak dalam hal  tembakan ke gawang yaitu 20 kali sedangkan Kroasia 9 percobaan.

 

Susunan pemain Kroasia vs Brasil:

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa/Ante Budimir 110′; Mateo Kovacic/Lovro Majer 106′, Marcelo Brozovic/Mislav Orsic 114′, Luka Modric (C); Andrej Kramaric/ Bruno Petkovic 72’, Mario Pasalic/ Nikola Vlasic 72’, Ivan Perisic

 

Brasil (4-3-3)

Alisson; Eder Militao/Alex Sandro 106′, Thiago Silva (C), Marquinhos, Danilo; Casemiro, Lucas Paqueta/Fred 106′, Neymar; Raphinha/Anthony 56’, Vinicius Jr/ Rodrygo 64’, Richarlison/Pedro 84.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya