SOLOPOS.COM - Pemain Everton Steven Pienaar (kiri) berebut bola dengan pemain Stoke Jones. (JIBI/Rtr/Phil Noble)

Solopos.com, LIVERPOOL — Everton masuk ke zona empat besar pada hari Sabtu (30/11/2013) malam WIB setelah menang telak atas Stoke City. Tampil dominan, The Toffees menggasak tamunya itu empat gol tanpa balas.

Everton kini mengoleksi 24 poin. Untuk sementara mereka bisa menikmati posisi empat klasemen, meski ada kemungkinan mereka tergusur dari posisi itu andai Manchester City atau Southampton bisa mengalahkan lawan masing-masing.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sementara buat Stoke, mereka harus turun ke posisi 16 klasemen sementara dengan koleksi nilai 13. Ini adalah kekalahan keenam buat Stoke di Premier League musim ini.

Everton tidak hanya mendominasi penguasaan bola hingga 54%, tetapi juga memiliki lebih banyak usaha untuk menciptakan gol.

Dalam catatan yang dilansir oleh Premier League seperti dikutip detiksport, tim besutan Roberto Martinez itu mencetak 21 attempts dengan 11 di antaranya tepat sasaran. Sementara Stoke hanya menciptakan 4 attempts dan tiga di antaranya tepat sasaran.

Gerard Deulofeu tampil impresif untuk Everton dengan mencetak satu gol dan menyumbang dua assist. Gelandang yang dipinjam dari Barcelona tersebut juga membuka keunggulan Everton ketika laga memasuki menit ke-45.

Deulofeu mengawali serangan dari sisi kiri lapangan, sebelum akhirnya bertukar operan dengan Gareth Barry di dalam kotak penalti. Dia kemudian menyelesaikan sendiri serangan ini dengan tendangan dari jarak dekat. 1-0 untuk Everton.

Di babak kedua, Everton tancap gas. Deulofeu menjadi arsitek gol kedua setelah umpan silangnya dari sisi kiri disambar oleh Seamus Coleman dengan tendangan kaki kiri. Everton unggul 2-0 di menit ke-49.

Pada menit ke-58, Deulofeu lagi-lagi mengawali terjadinya gol. Kali ini, dia mengawalinya dengan operan kepada Bryan Oviedo yang berdiri tidak jauh di luar kotak penalti Stoke. Setelah menahan bola sejenak, Oviedo kemudian melepaskan tendangan terarah ke pojok kanan bawah gawang yang dikawal Asmir Begovic.

Gol terakhir Everton pada laga ini ditorehkan oleh pemain pinjaman lainnya, Romelu Lukaku. Kali ini giliran Oviedo yang menjadi kreatornya. Umpan silangnya dari sisi kiri lapangan diselesaikan oleh Lukaku dengan sepakan kaki kanan dari jarak dekat. Tiga poin pun diamankan. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya