Evaluasi PPKM Jilid I, Bupati Karanganyar dan Dinkes Beda Pendapat Soal Peningkatan Kasus

Angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar pada PPKM jilid satu meningkat.

 Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berbeda pendapat dengan Dinkes Karanganyar perihal evaluasi PPKM Jilid I yang dilaksanakan 11 hingga 25 Januari 2021. Perbedan terutama perihal pertambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar selama masa PPKM Jilid I.

Melalui video conference (vcon), Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan hasil pertemuan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Minggu (31/1/2021) malam. Bupati kembali mengikuti vcon bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan 34 bupati/walikota lain se-Jateng pada Senin (1/2/2021). Saat itu, Bupati menyampaikan bahwa pemerintah pusat tidak puas dengan hasil penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid 1.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Baca Juga: Pembayaran Uang Ganti Rugi Tol Solo-Jogja Sudah Berlangsung, Spanduk Protes Malah Muncul di Karanganom Klaten

"Vcon dengan Menko Maritim dan Investasi melihat isu global terkait antisipasi varian baru [Covod-19]. Menurut beliau angka kematian pada Desember-Januari paling tinggi. Itu harus ditindaklanjuti. Semua daerah merapatkan barisan. Gubernur Jateng juga menyampaikan Presiden memberi sinyal bahwa PPKM jilid satu gagal menekan persebaran Covid-19. Itu karena tidak signifikan menurun," kata Bupati saat berbincang dengan wartawan seusai rapat koordinasi Senin.

Pada kesempatan itu, Bupati meminta masukan dari 35 kabupaten/kota perihal evaluasi PPKM. Terutama berkaitan dengan angka kematian tinggi pada Desember 2020 hingga Januari 2021. "Kan ada kabupaten dengan kasus tinggi pada PPKM jilid satu lalu menurun pada PPKM jilid dua. Ada yang pertama rendah lalu PPKM jilid dua ini melonjak. Kalau Karanganyar secara umum baik dan menurun," ujar dia.

Baca Juga: Kisah Sukarelawan Mencari Mulut Luweng di Pracimantoro Wonogiri, Berharap Banjir Bisa Teratasi

Bupati Minta Masyarakat Sadar

PPKM jilid dua akan dievaluasi pada Senin (8/2/2021). Bupati berharap masyarakat semakin sadar terhadap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sayangnya, menurut Bupati, masyarakat masih abai terhadap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menyampaikan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar pada PPKM jilid satu meningkat. Tetapi, dia tidak menyebutkan detail angka peningkatan kasus apabila dibandingkan dengan sebelum PPKM jilid satu. "Kasus kan memang meningkat. Tetapi memang belum kami persentase," tutur dia.

Di sisi lain, Purwati membenarkan pernyataan Bupati bahwa upaya menekan persebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan operasi yustisi hingga wilayah pelosok. Selain itu, Purwati menyinggung peran serta Ketua RT dan RW.

Baca Juga: Truk Terguling, Ribuan Telur Ayam Pecah dan Berserakan di Jalan Sukoharjo-Wonogiri

"Saat operasi yustisi itu pun kan masih banyak yang melanggar. Kalau kami, semua lini hingga RT dan RW harus bergerak. Jangan hanya kabupaten, kecamatan. Pemerintah mengatur seperti apapun, semua kembali kepada masyarakat. Kami berharap RT dan RW saling peduli."

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

+ PLUS Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengajak banyak pemangku kepentingan berkolaborasi merevitalisasi bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan satu dari 38 bahasa daerah yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.

Berita Terkini

Hari Senin Cerah Berawan, Ini Prakiraan Cuaca Boyolali 27 Juni 2022

Artikel ini menyajikan prakiraan cuaca Boyolali Senin (27/6/2022),

Tak Ada Potensi Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Kota Solo Senin 27 Juni

Prakiraan cuaca BMKG untuk Kota Solo hari ini, Senin (27/6/2022), tidak menunjukkan ada potensi hujan sepanjang hari.

Semangat Kerja! Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Senin 27 Juni 2022

Ini dia prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo pada Hari Senin (27/6/2022).

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Senin Ini: Stabil Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Hidupi 3 Anak, Segini Penghasilan Ibu Kakak-Beradik Pemulung di Solo

Ibu kakak-beradik yang menjadi pemulung di Kota Solo menceritakan perjuangannya menghidupi tiga anak dengan penghasilannya dari menjual barang rongsokan.

SoloKeren #2: Milenial Melek Digital, Tak Perlu Takut Nabung di Bank

Acara SoloKeren #2 yang digelar di Edutorium UMS Solo mengajak generasi milenial tidak perlu takut menabung di bank karena ada jaminan dari LPS.

Ibunda Bagas Pemulung Cilik Di Solo Ternyata Punya Kisah Memilukan

Ibunda Bagas dan Risky, dua kakak beradik yang jadi pemulung di Solo ternyata pernah mengalami kejadian traumatis di masa lalu.

Kronologi 2 Motor Adu Banteng di Karanganyar, 1 Orang Meninggal

Kecelakaan adu banteng melibatkan dua motor di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya Desa Bangsri, Karangpandan, Karanganyar pada Sabtu (25/6/2022) menyebabkan satu orang meninggal.

Terminal Tirtonadi Solo Kini Megah Dan Ramai, Ini Sosok Di Baliknya

Transformasi Terminal Tirtonadi Solo dari yang dulu terkesan kumuh dan rawan tidak kejahatan menjadi bersih dan modern tidak lepas dari andil tokoh ini.

Kejuaraan Nasional Freestyle Polres Wonogiri Bikin Decak Kagum Penonton

Polres Wonogiri menggelar kejuaraan nasional freestyle Stunfest Bhayangkara di Halaman Gelanggang Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri, Minggu (26/6/2022).

SMPN di Sragen Kota Kurang Siswa, Berjarak 4 Menit dari Kantor Bupati

Panitia PPDB Online Sragen 2022 menyebut satu SMP di Sragen Kota kekurangan siswa padahal lokasinya hanya berjarak 4-5menit dari Kantor Bupati Sragen.

2 Anaknya Jadi Pemulung Di Solo, Begini Penjelasan Ibunda Bagas-Risky

Ibunda Bagas dan Risky, Ani, menceritakan kondisi keluarga dan dua anaknya yang menjadi pemulung di Solo.

Tekad Ganjar Kurangi Sampah di Jateng, Ini 5 Rumusan Kongres Sampah II

Kongres Sampah II di Paseban Candi Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten merekomendasikan lima hal penting untuk mengelola sampah di wilayah Jateng.

Miris! Sebagian Besar TPA di Jateng Hanya Menumpuk Sampah

Jateng ternyata memiliki 60 Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).