Evaluasi Penutupan Jembatan Mojo Sukoharjo: Hindari Lintasan Simpang Telukan

Lalu lintas terpantau ramai lancar pada hari kedua penutupan Jembatan Mojo Sukoharjo

 Jalan Pramuka, Wirun, Mojolaban sepi pada hari kedua penutupan Jembatan Mojo, Selasa (27/9/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

SOLOPOS.COM - Jalan Pramuka, Wirun, Mojolaban sepi pada hari kedua penutupan Jembatan Mojo, Selasa (27/9/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Hari kedua usai penutupan Jembatan Mojo pada Senin (26/9/2022) lalu lintas di wilayah Kabupaten Sukoharjo terpantau ramai lancar, Selasa (27/9/2022).

Namun, pengendara jalan dimintai menghindari lintasan di Simpang Telukan karena rawan penumpukan kendaraan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan tidak ada penumpukan kendaraan seperti pada Senin sebelumnya. Menurutnya lalu lintas kendaraan yang sempat menumpuk di Jembatan Bacem hingga Simpang Telukan Senin lalu tidak ditemukan hari ini.

“Evaluasi manajemen rekayasa lalu lintas [MRLL] hari ini durasi [traffic light] dari timur ditambah. Lalu ada penambahan tulisan imbauan untuk menghindari lintasan Simpang Telukan,” terang Toni dalam sambungan telepon, Selasa.

Dia mengatakan telah mempatkan personel dari Dishub dibantu dengan Satlantas untuk mengurai kalau ada kemacetan. Namun hingga sore pukul 16.00-17.00 WIB lalu lintas terpantau lancar.

Baca juga: Lalin di Jembatan Jurug ke Arah Barat Belum Terdampak Penutupan Jembatan Mojo

“Tetapi tidak tahu nanti kalau pukul 19.00-20.00 WIB [ada kemacetan atau tidak]. Hari ini ada enam orang di Telukan untuk konsentrasi arus yang lain di Pasar Nongko, Pasar Bekonang, Tugu Bendo dan Jalur Ciu tidak ada penumpukan,” jelas Toni.

Sementara Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pihaknya juga telah menempatkan personel di jembatan sasak mengingat penumpukan pengendara dan keselamatan di jalur tersebut karena penutupan Jembatan Mojo.

“Kami siapkan delapan personel Polsek Mojolaban bekerjasama dengan Koramil dan perangkat kecamatan dan desa setempat. Sebenarnya jembatan sasak ini tidak direkomendasikan untuk digunakan, karena dari segi keselamatannya yang sangat minim,” terang kapolres.

Namun menurutnya dalam kondisi darurat jembatan sasak ini masih dimaklumi, asalkan harus tetap diimbangi dengan sarana prasarana yang memadai dalam meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres mengimbau kepada pengelola untuk menghentikan operasional jembatan sasak apabila debit air Sungai Bengawan Solo meningkat. Selain itu, apabila pengguna penyeberangan meningkat, supaya diatur  atau pun dibatasi jumlah  orang yang akan melintasi jembatan.

Baca juga: Jembatan Mojo Resmi Ditutup Sementara, Sejumlah Pengendara Motor Kecele

“Pengelola juga harus menyediakan peralatan penyelamatan seperti pelampung dan tambang. Dan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan supaya segera melapor ke Polsek ataupun Koramil Mojolaban,”kata Kapolres.

Sementara salah satu karyawan rumah makan di Mojolaban, Sukoharjo, Rizal mengatakan akibat penutupan Jembatan Mojo Sukoharjo itu kini warungnya sepi. Dia juga menduga penutupan jembatan itu justru akan molor dari waktu yang telah ditentukan.

“Dua hari ini sih sepinya, yang lewat sini [Jalan Pramuka, Wirun, Mojolaban] juga lebih sedkit jadi kemungkinan yang mampir juga dikit. Ini kayaknya penutupannya juga molor nanti,” keluh Rizal.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.

      Jadwal Pilkades Serentak Boyolali 2022: Desa Sendangrejo Klego Diundur 20 Hari

      Pelaksanaan pilkades Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022).

      Siaran TV Analog Off di Perbatasan Wonogiri, Warga Kebingungan

      Sebagian warga Wonogiri di daerah perbatasan menggunakan TV analog. Mereka mendapat sinyal ultra high frequency (UHF) karena tempat tinggalnya berdekatan dengan kabupaten/kota lain.