SOLOPOS.COM - Petugas mengenakan baju pelindung di sebuah pasar seafood yang telah ditutup di Wuhan, Hubei, China, Jumat (10/1/2020). Pasar seafoof diduga terkait penyebaran virus corona (coronavirus). (Reuters-Stringer)

Solopos.com, JAKARTA -- Pemerintah bakal mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terisolasi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Namun hingga kini otoritas masih menunggu kabar terbaru dari China.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah telah menyiapkan rencana evakuasi para WNI. Akan tetapi saat ini salah satu wilayah termasuk Kota Wuhan diisolasi oleh pemerintah setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah China melarang lalu lintas masuk atau keluar dari wilayah terisolasi akibat virus Corona baru. Akibatnya seluruh negara masih menunggu sikap pemerintah Negeri Tirai Bambu itu. Beberapa negara lain diklaim juga belum dapat melakukan langkah tersebut.

Demokrat: Mungkin KPK Mati Lebih Dulu Ketimbang Harun Masiku

“Jadi memang situasi ini karena dia [Wuhan] dijadikan sebagai daerah isolasi, tapi pemerintah kita siap untuk [evakuasi]. Kalau sudah mungkin, kita akan evakuasi,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Menurut Wapres, pemerintah terus melakukan upaya diplomasi dengan China agar dapat memulangkan seluruh WNI. Apalagi saat ini ada lebih dari 100 WNI di Wuhan dan 84 orang di antaranya merupakan mahasiswa.

Penyidik Kasus Suap Kader PDIP Harun Masiku Dirotasi? Ini Pengakuan KPK

Selain itu, sebanyak 243 WNI berada di Provinsi Hubei. Para WNI tersebut harus tetap berada di wilayahnya dan dilarang bepergian keluar dari kawasan. “Kita membangun [bantuan] logistiknya melalui pusat-pusat [KBRI] kita di Tiongkok,” ujar Wapres.

Di sisi lain, TNI Angkatan Udara telah menyiapkan tiga armada pesawatnya untuk mengevakuasi para WNI di China apabila sudah diperlukan. Tiga pesawat yang disiagakan yakni dua unit Boeing 737 dan satu unit C130 Hercules. Namun begitu TNI AU masih menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya