SOLOPOS.COM - Eva Kusuma Sundari (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengungkap bahwa Eva Kusuma Sundari sudah otomatis dipecat dari PDIP karena maju jadi bakal calon legislatif (caleg) dari partai politik NasDem.

“Secara otomatis dipecat sebagai anggota partai,” ujar Djarot saat dikonfirmasi, dikutip (30/5/2023). Dia menjelaskan, Eva tidak mengomunikasikan niatnya mencalegkan diri dari Partai NasDem.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Djarot juga mengaku tak tahu apakah Eva sebelumnya memiliki masalah dengan PDIP. Meski demikian, dia meyakini keluarnya Eva dari PDIP merupakan bagian dari kaderisasi partai.

PDIP, lanjutnya, ingin menempah kader yang punya kesabaran.

“Yang jelas, keluarnya yang bersangkutan sebagai bagian dari proses kristalisasi kader nasionalis Soekarno dan mereka yang tidak memiliki kesadaran dan kesabaran revolusioner akan secara otomatis keluar dengan sendirinya dari partai,” jelasnya. 

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif untuk Pemilu 2024 pada 1-14 Mei 2023. 

Sebanyak 18 partai politik peserta Pemilu 2024 telah menyerahkan daftar bakal calegnya ke KPU pusat maupun daerah.

Saat ini, KPU sedang melakukan verifikasi administrasi bakal caleg legislatif hingga 23 Juni. Beberapa bakal caleg yang didaftarkan partai merupakan pindahan dari partai lain termasuk Eva Sundari.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Eva Sundari Dipecat dari PDIP Usai Nyaleg dari NasDem”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya