SOLOPOS.COM - Christian Eriksen mencetak gol untuk Spurs. Ist/Detiksport

Solopos.com, NAPLES — Napoli akhirnya memastikan diri lolos dari babak 32 besar dengan menyingkirkan Swansea City. Sementara tim liga Inggris lainnya, Tottenham Hotspur berhasil membalikkan keadaan, dengan memaksa Dnipro angkat koper.

Kepastian Napoli melaju ke babak 16 Besar Liga Europa setelah Partenopei menang 3-1 (aggregat 3-1) di San Paolo. Pada laga yang berlangsung Jumat (28/2/2014) dinihari WIB, Napoli tampil dengan nyaris semua pemain terbaiknya. Seperti dilansir detiksport, Gonzalo Higuain dan Lorenzo Insigne dimainkan sejak awal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Insigne kemudian membawa Napoli unggul 1-0 lewat golnya di menit ke-17. Gelandang berusia 22 tahun itu menerima sebuah umpan dari tengah dan langsung menyambutnya dengan tendangan lob kaki kiri. Bola melewati kiper Michel Vorm dan masuk ke dalam gawang Swansea.

Babak pertama belum habis, tepatnya pada menit ke-30, Swansea menyamakan kedudukan lewat Jonathan De Guzman. Berawal dari kerja sama yang apik, bola diberikan Wilfried Bony kepada De Guzman, yang langsung berlari ke area kosong di lini pertahanan Napoli. De Guzman kemudian menyelesaikannya dengan sebuah sepakan kaki kiri.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan kedudukan 1-1, Swansea berada di posisi yang lebih baik. Sampai babak pertama berakhir, kedudukan tersebut tetap bertahan.

Higuain kemudian memberikan tali penyelamat untuk Napoli di menit ke-78. Berawal dari sebuah serangan yang dibangun dari sisi kanan, bola diberikan kepada penyerang asal Argentina tersebut.

Bola yang diberikan kepada Higuain sempat memantul kaki bek Swansea, namun Higuain mampu menjangkaunya dan melepaskan tendangan voli. Gawang Vorm pun bobol lagi.

Gol ketiga Napoli lahir di menit ke-90. Kali ini giliran Gokhan Inler yang jadi pencetak golnya setelah menerima operan dari Marek Hamsik dari sisi kanan.

Swansea sendiri sebenarnya tampil cukup agresif. Dalam catatan Soccernet, tim arahan Garry Monk ini melepaskan 13 attempts, di mana 11 di antaranya tepat sasaran.

Sementara itu Tottenham Hotspur membuat FC Dnipro Dnipropetrovsk angkat koper di babak 32 besar Liga Europa. The Lilywhites menang 3-1 dan secara keseluruhan menang 3-2 atas wakil Ukraina tersebut.

Sebelumnya, pada pertemuan perdana di kandang Dnipro, Spurs takluk 0-1. Mereka kemudian membalasnya pada laga di White Hart Lane, Jumat dinihari WIB.

Kendati demikian, Dnipro sempat membuat para pendukung Spurs was-was. Pada menit ke-48, mereka unggul lebih dulu lewat Roman Zozulya.

Gol Zozulya tersebut tercipta dengan diawali oleh sebuah tendangan bebas. Zozulya yang berdiri tidak terkawal di dalam kotak penalti kemudian menyundul bola masuk ke dalam gawang yang dikawal Hugo Lloris.

Spurs harus menunggu sampai menit ke-56 untuk mencetak gol. Adalah Christian Eriksen yang menjadi pencetak gol perdana untuk tuan rumah. Gelandang asal Denmark itu sukses mengkonversi tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Dnipro dengan baik. Skor berubah jadi 1-1.

Dnipro kemudian harus bermain dengan 10 orang setelah Zozulya mendapatkan kartu merah pada menit ke-62. Setelahnya Spurs pun bangkit. Pada menit ke-65, Eriksen melepaskan umpan silang dari sisi kiri. Bola yang dilepaskannya kemudian disambut Adebayor dengan tendangan kaki kanan tepat di depan gawang Dnipro. Spurs kini unggul 2-1.

Dalam kedudukan aggregat 2-2 posisi Spurs belumlah aman. Mereka membutuhkan satu gol lagi untuk bisa lolos. Adebayor kemudian muncul jadi pahlawan di menit ke-69. Kali ini umpan jauh dari belakang diterima penyerang asal Togo itu di dalam boks penalti. Setelah menahan bola dengan dadanya, dia lantas menceploskan bola ke gawang yang dikawal Denis Boyko.

Spurs pun lolos ke babak 16 besar dan selanjutnya akan menghadapi Benfica. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya