SOLOPOS.COM - Irlandia Utara (Sportsmole.co.uk)

Euro 2016 akan diikuti oleh Irlandia Utara yang sudah lama absen di ajang tersebut.

Solopos.com, BELFAST — Irlandia Utara berpotensi menjadi kuda hitam di Euro 2016, 10 Juni-10 Juli 2016 mendatang. Tim berjuluk Norn Iron tersebut melanjutkan tren tak terkalahkan menjadi 10 laga sebelum  menginjakkan kaki pada turnamen terakbar di Benua Biru tersebut tahun ini.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Rekor 10 laga tanpa noda itu diperoleh setelah menundukkan Slovenia 1-0 pada laga persahabatan di Windsor Park, Belfast, Selasa (29/3/2016) dini hari WIB. Norn Iron pantas berterima kasih kepada Conor Washington yang mencetak satu-satunya gol di pertandingan ini.

Setelah melakoni debut bersama Timnas Irlandia Utara ketika ditahan imbang Wales 1-1 akhir pekan lalu, Washington mencetak gol pertamanya di panggung internasional dengan menjebol gawang Slovenia pada babak pertama. Langsung mencetak gol meski baru mengantongi dua cap membuka kesempatan striker Queens Park Rangers (QPR) tersebut masuk skuat polesan Michael O’Neill pada puatarn final Euro 2016 mendatang.

“Dia striker baku. Dia berada di panggung internasional dan membuktikan bisa bermain di level itu. Dia membuat satu gol dan itu malam hebat buat dia,” jelas O’Neill, seperti dilansir Soccerway, Selasa.

O’Neill mencatatkan tinta emas. Pelatih Timnas Irlandia Utara tersebut melampaui rekor pendahulunya, Billy Bingham, yang dua kali meraih tren tak terkalahkan dalam sembilan laga pada era 1980-an.

“Sangat menyenangkan bisa menerima hal seperti itu. Ini penghargaan untuk tim, tak terkalahkan 10 laga merupakan pencapaian hebat. Saya peruntukkan ini kepada para pemain,” kata O’Neil.

Kiper Irlandia Utara, Roy Carroll, ikut memberi andil atas kemenangan Irlandia Utara di Windsor Park. Penjaga gawang berusia 38 tahun tersebut menggagalkan tendangan penalti pemain Slovenia, Milivoje Novakovic, pada babak kedua. Slovenia mendapat hadiah penalti karena Jonny Evans melanggar Miral Samardzic di kotak terlarang.

“Saya mempelajari penalti mereka dalam dua hari ini. Saya menduga bola akan mengarah ke kanan. Dia melakukannya seperti dalam video,” jelas Carrol mengungkap kunci keberhasilannya menaklukkan tendangan penalti Novakovic, kepada BBC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya