SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Euro 2016 diwarnai dengan pemain Timnas Wales yang dilarang membawa pasangan.

Solopos.com, CARDIFF – Keberadaan wives or girlfriends (WAGs) di turnamen-turnamen besar sepak bola seperti menjadi dua sisi mata uang bagi sejumlah pemain. Pacar dan istri tersebut bisa saja menjadi motivasi untuk pemain. Namun, tak sedikit yang menuding kedatangan WAGs justru memberi gangguan bagi para pemain hingga tidak fokus pada pertandingan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait WAGs, Pelatih Timnas Wales, Chris Coleman, pun telah membuat aturan tersendiri bagi pemainnya untuk Euro 2016 di Prancis, 10 Juni-10 Juli 2016 mendatang. Manajer berusia  45 tahun tersebut bakal melarang pacar atau istri para pemain mereka datang ke hotel tim. Namun, itu hanya berlaku selama putaran grup.

Coleman akan memberi hadiah berupa kesempatan berkumpul dengan keluarga (family day) apabila Gareth Bale dkk. berhasil lolos dari putaran  grup. Mantan manajer Fulham tersebut tidak ingin anak asuhnya hilang konsentrasi ketika bertemu Slovakia, Inggris, dan Rusia selama putaran Grup B. Apalagi Euro 2016 merupakan ajang bersejarah bagi sepak bola Wales karena ini menjadi turnamen besar pertama bagi mereka sejak 1958.

Coleman mungkin belajar dari pengalaman Timnas Inggris pada Piala Dunia 2006. Saat itu, Inggris yang dilatih Sven Goran Eriksson mendapat kritikan bertubi-tubi karena penampilan buruk mereka di Piala Dunia 2006 di Jerman. Saat itu, Eriksson memperbolehkan para pemain mengajak serta WAGs masing-masing.

Bahkan Eriksson menyediakan tempat khusus kepada istri atau pacar pemain seperti Victoria Beckham (istri David Beckham) dan Cheryl Cole (istri Ashley Cole saat itu) di Baden-Baden. Namun, mereka membawa atmosfer Piala Dunia 2006 untuk Timnas Inggris seperti “arena sirkus”.

“Kami punya tiga laga dalam 10 hari [selama fase grup], dan di sana tidak boleh ada keluarga, pacar, istri, di hotel tim. Tidak ada waktu. Mereka paham kami harus melakukan pekerjaan penting,” jelas Coleman, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (22/3/2016).

“Kami melakukan persiapan, perjalanan, bermain, perjalanan lagi, berusaha membuat para pemain nyaman. Kami katakan ‘ayo kita lewati fase grup karena ada enam hari dan kami masih punya sehari untuk waktu berkumpul bersama keluarga sebelum memulainya kembali. Tidak bagus buat kami mengeluhkan itu, kami telah menantikan ini [Euro] sangat lama. Kami akan membuat Wales bangga dan kami harus mempersiapkan diri dengan layak. Itu semacam pengorbanan kecil,” ungkapnya.

Aturan tidak mengajak WAGs itu juga akan berlaku untuk Coleman sendiri. Coleman akan genap berusia 46 tahun pada 10 Juni nanti alias sehari sebelum ia mendampingi Wales melakoni laga pembuka melawan Slovakia di Bordeaux. Namun, ia tidak akan merayakan ulang tahunnya dengan bersenang-senang bersama sang istri, Charlotte Jackson, yang dikenal sebagai presenter TV.

“Ulangtahunku tidak akan terjadi apa-apa. Tidak waktu untuk itu karena ada tiga laga penting menanti kami.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya