SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cristiano Ronaldo

WARSAWA--Penggemar Portugal dan pihak-pihak netral yang berharap Cristiano Ronaldo bisa bersinar di Piala Eropa 2012 gembira.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya, harapannya terkabul setelah gol semata wayang Ronaldo ke gawang Republik Cheska pada laga perempatfinal dini dari tadi membawa negerinya ke semifinal turnamen sepakbola se-Eropa tersebut.

AFP melaporkan Ronaldo telah menunjukkan semacam kilauan cemerlang karena mendominasi bola sepanjang laga dan menciptakan gol penentu kemenangan 2-1 timnya atas Belanda di penyisihan grup Minggu lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Gol ke gawang Belanda ini dia didedikasikan untuk anaknya yang berulangtahun pada hari dia mencetak gol.

Begitu sering dia dikritik karena tak mampu menunjukkan performa hebatnya di Real Madrid ketika harus membela timnas Portugal, tetapi gol sundulannya pada menit 79 telah membawanya ke daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2012, bersama dengan pemain Jerman Mario Gomez, Alan Dzagoev dari Rusia dan penyerang Kroasia Mario Mandzukic.  Dua nama terakhir tak mungkin menambah gol lagi, karena tim mereka telah tersingkir.

Ronaldo kian bersinar karena telah membawa Portugal ke semifinal untuk melawan Spanyol atau Prancis.

“Tujuan terbesar kami adalah mencapai final. Kami memiliki skuad yang hebat dan kini saya mesti mengatakan bahwa peluang (mencapai final) adalah 50-50 dan kami harus meyakini ini,” kata Ronaldo usai laga Portugal versus Republik Cheska.

“Saya kira ini adalah laga fantastik untuk Portugal.  Pada 20 menit pertama kami tak sebagus itu namun kami meningkat pesat.  Bagi kami ini adalah pertandingan sempurna, dengan begitu banyak peluang. Cheska bahkan tidak memiliki satu pun peluang.

“Kami memiliki kualitas untuk mencapai semifinal. Kami senang namun tahu pertandingan nanti akan sulit, tetapi tim sangat dewasa dan kami siap,” sambung Ronaldo.

Menjadi seorang figur menentukan yang bahkan didewakan oleh Portugal, Ronaldo mendapat sambutan hangat dari penggemarnya di National Stadium Warsawa manakala namanya disebut pembawa acara, namun diteriaki pendukung Ceko setiap kali dia mengambil tendangan bebas.

Si high-profile yang menurut catatan UEFA menjadi pemain paling banyak di-tweet sepanjang Euro 2012 in kerap menjadi sasaran pendukung lawan-lawannya.

Pendukung Denmark bahkan berusaha mengganggunya dengan mengejek namanya ada di bawah pesaingnya di Liga Spanyol, Lionel Messi, ketika Denmark kalah 2-3 dari Portugal pekan lalu.

Itu kemudian ditambah kritik terus menerus media bahwa Portugal tergantung kepadanya. Baru-baru ini di turnamen ini dia memprotes klaim tersebut kepada televisi Portugal.

Penyerang berusia 27 tahun ini harus berjuang tanpa lelah pada awal babak pertama melawan Cheska sebagian karena kurang primanya performa rekan-rekan setimnya.

Frustasi terlihat manakala dia dan bek Ceko Petr Jiracek berusaha menghindar dikartukuningkan wasit Howard Webb setelah kedua pemain berselisih di depan gawang Cheska.

Dia akhirnya mendapatkan lagi tempatnya pada 25 menit babak kedua tatkala gelandang Joao Moutinho memberinya umpan manis.

Delapan menit kemudian dia melancarkan tendangan keras jauh dari kotak penalti, tetapi melenceng tipis.

Beberapa detik menjelang pertandingan usai, dia masih berusaha mencetak gol setelah mengelabui bek Cheska, lalu mengontrolnya di dadanya, masuk area tembak, lalu melancarkan tendangan. Sayang membentur gawang.

Sekembalinya dari ruang ganti, Ronaldo semakin kelaparan, menembak tendangan bebas, dan mengaransemen serangan-serangan Portugal.

Di tengah dominasi permainan ini, Portugal terus menekan barisan pertahanan Cheska. Lalu terobosan Joao Moutinho dibarengi manuver Ronaldo ke depan, yang menerima umpan dengan sundulan, dan akhirnya membuat merana Cheska karena harus menyaksikan Portugal melenggang ke babak berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya