Tutup Iklan

Eternit Pendapa Makam Ronggowarsito di Trucuk Klaten Ambrol

Eternit Pendapa Makam Ronggowarsito di Trucuk Klaten Ambrol

SOLOPOS.COM - Kondisi eternit yang runtuh di kompleks Makam Ronggowarsito, Dukuh Kedon, Desa Palar, Trucuk, Klaten, Kamis (8/2/2018). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Eternit pendapa di Kompleks Makam Ronggowarsito di Trucuk, Klaten, ambrol.

Solopos.com, KLATEN -- Eternit pendapa makam Ronggowarsito di Dukuh Kedon, Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Klaten, ambrol sejak pekan lalu. Ambrolnya eternit disebabkan usia material yang sudah tua dan rapuh sehingga tak kuat menahan beban kotoran kelelawar.

Petugas kebersihan makam, Fendri Anggoro Budi Kusumo, mengatakan eternit ambrol pada Rabu (31/1/2018). Ruang kosong antara eternit dan atap bangunan menjadi rumah kelelawar.

"Mungkin karena kotoran kelelawar terlalu banyak sehingga eternitnya tak kuat menahan berat akhirnya ambrol," kata dia saat ditemui Solopos.com di kompleks Makam Ronggowarsito, Kamis (8/2/2018).

Ia sempat membersihkan sisa-sisa eternit termasuk kotoran kelelawar yang berserakan. Namun, lantai pendapa kembali kotor karena memang bangunan itu dihuni banyak kelelawar.

"Kalau sekarang membersihkannya jadi sulit karena saking banyaknya kelelawar," beber dia.

Ia menuturkan kejadian itu sudah dilaporkan kepada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten. Kepala Seksi Pengelolaan Pengembangan Daya Tarik Sarana Wisata Disparbudpora Klaten, Purwanto, menyatakan sudah menerima laporan dari Pemerintah Desa Palar soal eternit di pendapa Makam Ronggowarsito yang runtuh.

Kendati demikian, Disparbudpora belum ada anggaran untuk perbaikan pendapa itu. Anggaran perbaikan baru bisa diusulkan pada APBD Perubahan 2018.

"Ini runtuh kali kedua di pendapa. Yang pertama sudah kami perbaiki. Perbaikan yang baru ini mungkin kami akan surati Bappeda dahulu," kata dia.

Ia menjelaskan upaya pemeliharaan Makam Ronggowarsito harus melalui izin Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Ke depan, pengembangan Makam Ronggowarsito dilakukan dengan menggandeng badan usaha milik (BUM) desa setempat. "Kalau ada BUM desa kami dorong agar mengelola potensi ekonomi di sana. Kalau secara khusus soal makam, kewenangan kami masih terbatas. Pemeliharaan pun harus izin ke BPCB," terang dia.

Saat ini, tiket untuk masuk ke area makam Rp1.000 per orang. Pendapatan pada 2017 dari Makam Ronggowarsito senilai Rp1,8 juta.

"Pendapatan dari sana sangat sedikit. Padahal, kami menempatkan tenaga harian lepas [THL] untuk bersih-bersih sekaligus menarik tiket dengan upah Rp1,2 juta sebulan," beber Purwanto.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tanda Tangan Kontrak Baru, Roberto Mancini Latih Timnas Italia hingga 2026

Pelatih tim nasional Italia Roberto Mancini telah menandatangani kontrak baru yang berlaku hingga Juni 2026.

Jegal Persik Kediri, Persis Solo Boyong Rivaldi Bawuo

Selain fasih sebagai winger kiri, posisi utamanya, Rivaldi dapat dimainkan sebagai winger kanan maupun penyerang tengah.

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.