Esemka Tolak Disebut Mobil Nasional, Lalu Mobil Apa?

Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya mengatakan, mobil Esemka merupakan mobil murni produksi Indonesia dengan tenaga kerja dan komponen dari dalam negeri.

Esemka Tolak Disebut Mobil Nasional, Lalu Mobil Apa?

SOLOPOS.COM - Emblem Esemka (Bisnis-Thomas Mola)

Solopos.com, JAKARTA — PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menolak menyebut mobil Esemka sebagai mobil nasional. Menurut mereka, Esemka lebih tepat disebut sebagai mobil yang diproduksi di Indonesia.

Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya mengatakan, mobil Esemka merupakan mobil murni produksi Indonesia dengan tenaga kerja dan komponen dari dalam negeri.

“Kami bukan mobil nasional, kami mobil produksi di Indonesia, pure produksi di Indonesia,” ujarnya di sela-sela Pameran Industri Komponen Otomotif di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Eddy menegaskan mobil Esemka sebagai merek lokal tidak berharap mendapatkan pelakukan khusus dari pemerintah. Menurutnya, PT SMK sebagai produsen akan mengikuti semua aturan yang ditetapkan pemerintah sekaligus beragam insentif yang disediakan.

Dia menuturkan pada tahap awal PT SMK akan meluncurkan mobil pikap Bima 1.2 dan Bima 1.3 karena ingin menyasar pasar di daerah. Pikap ini diketahui telah lulus uji tipe di Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

Launching-nya masih rahasia, kami akan undang.  Kami tetap on progres dalam fasilitas dan tipe kendaraan yang kami siapkan,” ujarnya.

Pada April lalu dua model Esemka telah lulus uji tipe yakni mobil barang Bima dan mobil penumpang Garuda. Terdapat dua varian Bima yang telah lulus uji tipe yakni Bima 1.0 (4×2) MT dan Bima 1.3 (4×2) MT.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.

Warga Karangudi Jadi Korban ke-19 yang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Warga Desa Karangudi, menjadi korban meninggal tersetrum jebakan tikus berlistrik ke-19 dalam kurun waktu dua tahun terakhir di Sragen.

BSI Muda Galakkan Sedekah 3 In 1, Sekali Bantu Untuk UMKM, Isoman, dan Ojol

Bank Syariah Indonesia (BSI) membagikan 200 paket isoman untuk masyarakat yang membutuhkan di kawasan Tanah Abang Jakarta.

Foto di Ranjang & Video Adhisty Zara Ciuman dengan Mantan Suami Rachel Venya Viral, Ibunya Akui Kesalahan

Ibunda Adhisty Zara mengakui tindakan tak senonoh yang dilakukan anaknya bersama mantan suami Rachel Venya adalah kesalahan yang tidak pantas ditiru.

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo Jemput 27 Pasien Positif untuk Isolasi Terpadu

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo menjemput 27 pasien positif tanpa gejala dan bergejala ringan untuk menjalani isolasi terpadu.