SOLOPOS.COM - JIBI/BISNIS/WAHYU DARMAWAN

JIBI/BISNIS/WAHYU DARMAWAN

SOLO–Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) merasa malu dengan cibiran dan suara miring bangsa sendiri terhadap mobil Esemka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya bangsa Indonesia seharusnya menyokong sepenuhnya proyek rintisan mobil nasional (Mobnas) itu. Bukannya malah menjelek-jelekkan dan mengumbar kekurangan Esemka. Saat ditemui Solopos.com di Kampus UNS, Senin (5/3), Jokowi mengakui Esemka merupakan duplikasi dari beberapa mobil yang telah beredar lebih dulu di pasar internasional.

“Ya memang ada pengaruh beberapa merk mobil dalam pembuatan Esemka. Tapi itu rahasia perusahaan, saya tidak bisa sebut merk,” tandasnya saat ditanya tentang kemiripan Esemka dengan Guangdong Foday dari China. Hanya saja Jokowi ogah mengungkapkan merek atau mobil apa saja yang menjadi referensi Esemka. Menurutnya hal itu merupakan rahasia perusahaan yang tidak bisa dibicarakan di muka publik.

Sedangkan mengenai bakal adanya biaya uji ulang emisi Esemka, Jokowi menyatakan tidak ada masalah. Bila pun harus membayar hingga belasan juta rupiah, menurutnya PT SMK akan siap melakukannya. “Siap bayar, dengan uang PT SMK, bukan APBD. Tapi harapan saya uji ulang bisa digratiskan,” tegas dia.

(Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya